5 Fakta Unik Matematika yang Diungkap Remaja dengan IQ 162

Kompas.com - 05/02/2018, 16:22 WIB
Matematika penuh teka-teki. Seorang remaja ber-IQ 162 membuat buku yang memuat fakta unik matematika. Matematika penuh teka-teki. Seorang remaja ber-IQ 162 membuat buku yang memuat fakta unik matematika.

KOMPAS.com — Agniijo Banerjee, anak berusia 13 tahun yang punya IQ 162, membeberkan fakta unik seputar matematika dalam buku barunya yang berjudul Weird Maths: At the Edge of Infinity and Beyond.

Ada banyak fakta-fakta unik matematika yang diungkap oleh anak itu. Apa saja? Berikut diantaranya.

Teorema Sandwich Daging

Dalam matematika, ada teorema yang membahas soal sandwich.

Sandwich yang terdiri dari lapisan roti, keju, dan daging dinyatakan dalam teori ini bisa dibelah menjadi dua bagian yang sama besar dalam sekali iris.

Ternyata, konsep "sandwich" ini bisa berlaku tak hanya pada sandwich itu sendiri, tetapi juga hingga tingkat galaksi. 

Dalam cakupan yang lebih luas, teorema ini pun masih bisa diberlakukan. Contohnya dalam lima dimensi, lima benda, apa pun bentuk dan posisinya, ketika dipotong akan menghasilkan bagian yang sama persis.

Angka Terbesar

Seorang pria asal New York pernah menggugat karena dirinya digigit seekor anjing gila. Angka yang diminta sebanyak dua triliun trilun triliun dolar. Nilai tersebut jauh lebih banyak daripada yang ada di Bumi.

Dalam matematika, ada istilah googol dan googoplex. 1 gogool adalah 10 pangkat 100. Sementara 1 googoplex adalah 10 pangkat 10 pangkat 100. Saking besarnya, perlu ruang tambahan di alam semesta untuk menuliskannya. 

Melihat di 4 Dimensi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X