10 Misteri Penerbangan Tak Terpecahkan, Dari PD II Sampai MH370

Kompas.com - 29/10/2018, 18:03 WIB
Dua warga melintas di depan mural hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 di sebuah gang di Shah Alam, Malaysia, 8 Maret 2016. AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANADua warga melintas di depan mural hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 di sebuah gang di Shah Alam, Malaysia, 8 Maret 2016.

KOMPAS.com - Pesawat hilang kontak dan tidak hanya terjadi satu dua kali. Beberapa maskapai penerbangan di seluruh dunia pernah mengalaminya.

Ada yang hilang kontak kemudian diketahui mengalami gangguan atau jatuh, ada pula yang terus menjadi misteri.

Salah satu yang menjadi misteri adalah pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 rute Kuala Lumpur-Beijing yang menghilang dari radar saat terbang di atas laut China Selatan, 8 Maret 2014.

MH370 adalah sebuah misteri dalam antrean panjang teka-teki penerbangan. Mulai dari penerbangan legendaris yang dilakukan Amelia Earhart, misteri pembom nuklir, hingga kejadian dalam Perang Dunia II, inilah daftar kecelakaan pesawat paling misterius sepanjang sejarah, dilansir Popular Mechanics, 2014.

Baca juga: Ahli Duga Raibnya MH370 Upaya Bunuh Diri Sang Kapten

1. Enam Pesawat Angkatan Laut Jatuh ke Segitiga Bermuda

Pada puncak Perang Dunia II, Angkatan Laut Amerika Serikat mengirim lima pembom torpedo yang terbang melintasi Segitiga Bermuda.

Seperti kita tahu, kawasan ini juga dikenal sebagai pemakan pesawat. Hal inilah yang kemudian dipercaya sebagai penyebab hilangnya 14 awak kapal yang menunggangi lima pesawat tersebut.

Beberapa jam setelah hilangnya kontak kelima pesawat, Angkatan Laut AS mengirim satu pesawat yang berisi 13 orang dalam misi pencarian dan penyelamatan. Hasilnya, sama saja. Pesawat terakhir lenyap tak ada kabar dan hingga saat ini menjadi misteri.

Peristiwa ini kemudian mengingatkan kita untuk menjauhi kawasan Segitiga Bermuda.

2. Pesawat EgyptAir 990: Upaya bunuh diri pilot atau serangan teroris?

Pada 1999, pesawat EgyptAir Boeing 767 yang berangkat dari Los Angeles jatuh ke Samudera Atlantik dan menewaskan semua penumpang dan awak pesawat, total ada 217 orang.

Otoritas Penerbangan Sipil Mesir (ECAA) menduga kuat ada gangguan mekanis. Namun, Badan Transportasi dan Keselamatan Nasional Amerika Serikat (NTSB) percaya bahwa peristiwa ini merupakan upaya bunuh diri sang pilot.

Spekulasi itu muncul ketika rekaman terakhir yang diucapkan pilot berbunyi, "Saya mengandalkan Tuhan".

Sementara itu, para ahli teori konspirasi menyalahkan Mossad, Cia, dan ekstremis Mesir.

Dari semua dugaan dan spekulasi, faktanya hingga saat ini kejadian tersebut masih menjadi misteri. Tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat EgyptAir 990.

Setelah itu, EgyptAir menghentikan penerbangan dengan pesawat 990 dan tidak lagi melakukan rute penerbangan ke Los Angeles.

3. Misteri hilangnya pilot Amelia Earhart dan pesawatnya

Amelia Earhart adalah seorang pelopor penerbangan sekaligus perempuan pertama yang terbang solo menyebrangi samudera Atlantik.

Pada 20 Mei 1932 ia memulai ekspedisi penerbangan keliling dunia dari Newfoundland, Kanada, dan dijadwalkan mendarat di Irlandia 15 jam kemudian. Perjalanan ini dilakukannya seorang diri.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X