Kompas.com - 25/10/2018, 17:59 WIB

KOMPAS.com – Berniat menyaksikan paus di Cape Cod, Massachusett, Amerika Serikat, sejumlah wisawatan justru menyaksikan pemandangan berbeda.

Pasalnya, meski tetap dapat melihat paus, 160 turisyang berlayar dengan kapal pesiar itu melihat pemandangan mengerikan.

Paus yang ingin dilihat sudah mati dan sedang dimangsa oleh dua hiu putih besar yang salah satunya berukuran 6 meter.

Joanne Jarzobski, seorang ahli biologi kelautan di kapal pesiar yang mengambil foto dari tempat kejadian, menggambarkan apa yang dia lihat.

"Kami telah menerima laporan di pagi hari bahwa paus ini mengapung di teluk dan kami diminta untuk mencoba mendokumentasikannya saat kami pergi menonton ikan paus kami," katanya seperti yang dilansir dari Science Alert, Jumat (19/10/2018).

Baca juga: Seperti Manusia, Beberapa Paus Juga Alami Menopause

"Setidaknya ada dua hiu putih besar yang memangsa ikan paus yang mati. Salah satu hiu putih sangat besar, diperkirakan berukuruan 6 meter atau lebih. Dia sangat besar," kata Jarzobski.

Meskipun kematian paus mengecewakan, sisi bagusnya turis bisa melihat bagaimana hiu putih membantu dalam proses daur ulang energi di alam.

Jarzobski mengatakan melihat hiu memakan bangkai adalah pertanda baik.

"Sebagai hewan penting di lingkungan kita, hiu telah mendapatkan reputasi yang terkenal buruk, namun hiu adalah tanda yang sangat baik dari ekosistem yang sehat. Mendapatkan kesempatan untuk melihat hiu putih besar beraksi benar-benar merupakan pengalaman sekali seumur hidup bagi penumpang dan kru kami. Ini benar-benar pengalaman yang luar biasa untuk menyaksikan predator yang pada rantai makanan teratas ini mendaur ulang ikan paus yang mati. Saya masih kagum!" ungkapnya dalam unggahan status Facebook.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Hiu Paus dan Bagaimana Berinteraksi Dengannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.