Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Depan 160 Turis, Hiu Raksasa Berukuran 6 Meter Beraksi Memakan Paus

Pasalnya, meski tetap dapat melihat paus, 160 turisyang berlayar dengan kapal pesiar itu melihat pemandangan mengerikan.

Paus yang ingin dilihat sudah mati dan sedang dimangsa oleh dua hiu putih besar yang salah satunya berukuran 6 meter.

Joanne Jarzobski, seorang ahli biologi kelautan di kapal pesiar yang mengambil foto dari tempat kejadian, menggambarkan apa yang dia lihat.

"Kami telah menerima laporan di pagi hari bahwa paus ini mengapung di teluk dan kami diminta untuk mencoba mendokumentasikannya saat kami pergi menonton ikan paus kami," katanya seperti yang dilansir dari Science Alert, Jumat (19/10/2018).

"Setidaknya ada dua hiu putih besar yang memangsa ikan paus yang mati. Salah satu hiu putih sangat besar, diperkirakan berukuruan 6 meter atau lebih. Dia sangat besar," kata Jarzobski.

Meskipun kematian paus mengecewakan, sisi bagusnya turis bisa melihat bagaimana hiu putih membantu dalam proses daur ulang energi di alam.

Jarzobski mengatakan melihat hiu memakan bangkai adalah pertanda baik.

"Sebagai hewan penting di lingkungan kita, hiu telah mendapatkan reputasi yang terkenal buruk, namun hiu adalah tanda yang sangat baik dari ekosistem yang sehat. Mendapatkan kesempatan untuk melihat hiu putih besar beraksi benar-benar merupakan pengalaman sekali seumur hidup bagi penumpang dan kru kami. Ini benar-benar pengalaman yang luar biasa untuk menyaksikan predator yang pada rantai makanan teratas ini mendaur ulang ikan paus yang mati. Saya masih kagum!" ungkapnya dalam unggahan status Facebook.

https://sains.kompas.com/read/2018/10/25/175933823/di-depan-160-turis-hiu-raksasa-berukuran-6-meter-beraksi-memakan-paus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke