Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Panas, kok, Aceh Banjir? BMKG Ungkap, Sebabnya Pusaran Angin

Kompas.com - 15/10/2018, 11:25 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hujan membuat sebagian wilayah Aceh dan Sumatera Utara mengalami banjir. Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap, banjir itu memang terjadi karena intensitas hujan tinggi.

“Kalau dilihat dari bulannya, intensitas hujannya memang sedang tinggi di wilayah Sumatera bagian utara. Secara prakiraan harian, juga sama, seminggu ke depan akan di dominasi hujan intensitas sedang sampai lebat,” ujar Hary saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (15/10/2018).

Dalam data BMKG, curah hujan di Aceh pada sepuluh hari terakhir mencapai 150 mm/dasarian. Didukung dengan kurangnya infrastruktur pengaliran air, tak heran banjir terjadi.

Baca juga: Merasa Jakarta dan se-Jawa Panas? Jangan Heran, Ini yang Terjadi

Sementara itu, bagian tengah Sumatera Barat, Mandailing Natal, dan Sambas juga mengalami curah hujan yang sama tingginya. Wilayah Sumatera Barat lainnya, Riau, dan Sumatera Utara mengalami curah hujan yang lebih rendah, tetapi tetap tinggi, antara 50-150 mm/dasarian.

Hary mengatakan, curah hujan ekstrem di wilayah Sumatera dipicu oleh adanya sirkulasi siklonik di Kepulauan Natuna. Sirkulasi siklonik merupakan pusaran angin yang memicu penumpukan massa udara pembentuk awan hujan.

Hary mengimbau wilayah Sumatera bagian utara mewaspadai banjir. Di samping itu, Hary mengajak warga Sumatera bagian selatan dan jawa untuk bersiap menyambut hujan yang segera tiba. Banjir bisa terjadi jika aliran air hujan terhambat.

Baca juga: Oktober Telah Tiba, tetapi Mengapa Hujan Belum Juga Datang di Jakarta?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com