Keju dari Dinasti Ke-19 Mesir Kuno Ditemukan, Mungkinkah yang Tertua?

Kompas.com - 17/08/2018, 17:35 WIB
Keju yang sudah dibuka JackJelly/iStockphotoKeju yang sudah dibuka

KOMPAS.com - Sebuah benda padat berwarna keputih-putihan ditemukan di makam Mesir kuno.

Dalam laporannya di jurnal Analytical Chemistry, para peneliti memperkirakan benda tersebut bisa menjadi salah satu keju padat tertua yang ditemukan hingga kini.

Dinasti Ke-19

Makam tempat penemuan "keju" tersebut adalah tanah kuburan kuno Saqqara. Perkuburan ini milik Ptahmes, seorang walikota Memphis kuno di bawah Dinasti Sethi I dan Ramses II ke-19.

Artinya, tanah kuburan tersebut berasal dari tahun 1290 hingga 1213 sebelum masehi (SM).

Benda tersebut ditemukan selama penggalian dari 2013 hingga 2014. Para peneliti menemukan botol berisi bahan padat beku yang dibungkus dalam kain kanvas.

Mereka berpikir cara tersebut kemungkinan untuk melindungi isinya.

"Para arkeolog menduga itu adalah jenis makanan yang tersisa untuk pemilik makam dan mereka memutuskan untuk melakukan analisis kimia," ungkap Enrico Greco, salah satu penulis penelitian ini dikutip dari Newsweek, Kamis (16/08/2018).

Analisis Kimia

Untuk menganalisisnya, para ilmuwan mengeluarkan sedikit sampel. Selanjutnya mereka memurnikan kandungan protein dan melakukan analisis dengan dua teknik.