Tsunami Palu: Pakar Ingatkan Pentingnya Evakuasi Mandiri

Kompas.com - 06/10/2018, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Badan Informasi Geospasial (BIG) telah mengumumkan bahwa tsunami yang menerjang Palu minggu lalu terjadi hanya berselang 8 menit setelah gempa Donggala.

Hal ini menurut Widjo Kongko, ahli tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menjadi pelajaran berharga tentang mitigasi.

"Jadi kalau dengan gempa bumi lokal dan tsunami sangat dekat, itu memang yang paling efektif adalah evakuasi mandiri," tegas Widjo saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (05/10/2018).

"Dengan secara mandiri dan sadar ketika orang di tepi pantai merasakan gempa bumi besar kemudian harus segera evakuasi," tuturnya.

Menurut Widjo, prosedur ini seharusnya sudah dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di tepi pantai. Dia juga menjelaskan pentingnya latihan mitigasi.

"Kalau ada latihan, kesadaran mitigasi, ada drill, exercises, masyarakat sudah diberi pemahaman kalau ada gempa bumi atau goyangan yang cukup panjang harus segera menyingkir dari tepi pantai," tutur Widjo.

"Karena akan terasa buat mereka. Jadi goyangan cukup lama itulah yang menjadi warning alami, peringatan alami," imbuhnya.

Dengan kata lain, masyarakat tidak perlu bergantung pada peringatan dini yang diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Peringatan alami inilah yang bisa menyelamatkan banyak nyawa secara mandiri.

Sabagi informasi, untuk mengeluarkan peringatan dini tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setidaknya memerlukan waktu 3 menit pascagempa.

"Mereka (BMKG) mempunyai satu SOP yang menunggu cukup waktu. Karena kan harus memastikan," kata Widjo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X