Kompas.com - 04/10/2018, 07:06 WIB
Oban van Shie memotret rusa putih yang sedang bersin di Leicestershire, Inggris live scienceOban van Shie memotret rusa putih yang sedang bersin di Leicestershire, Inggris

KOMPAS.com - Pada 26 September lalu, fotografer alam Oban van Shie berjalan-jalan di taman Bradgate, taman rusa berusia 800 tahun di Leicestershire, Inggris.

Saat menikmati pemandangan taman itu, ia terkejut dengan pemandangan yang aneh. Di antara kawanan rusa, terlihat rusa putih yang sedang duduk di rumput.

"Saya belum pernah melihat rusa putih sebelumnya. Saya tertarik karena kelangkaan mereka, meskipun orang lain yang telah mengunjungi taman ini pasti juga akan melihatnya," kata Van Shie seperti dikutip dari Live Science, Senin (1/10/2018).

Baca juga: Rusa Besar Kembar Tiga Tertangkap Kamera, Mengapa Jadi Berita Besar?

Van Shie pun segera menyiapkan kamera untuk membidik rusa langka tersebut. Namun, ternyata Van Shie justru mendapatkan momen langka yang tidak ia kira sebelumnya. Rusa yang hendak ia foto tiba-tiba bersin.

Keesokan harinya, Van Shie memposting foto rusa tersebut di Reddit dan menerima hampir 90.000 respons yang terkesan dengan foto tersebut.

"Saya telah menerima beberapa komentar yang meragukan apakah rusa itu bersin atau tidak. Tetapi setelah melakukan penelitian, saya yakin bahwa rusa itu bersin," kata Van Shie.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tulang Tumbuh Selimuti Panah yang Tertancap di Rusuk Rusa, Kok Bisa?

Foto itu pun menjadi berharga karena momen tersebut sangat langka tertangkap kamera. Bahkan bisa dikatakan 1:8.000.000 untuk mendapatkan kesempatan tersebut.

Beberapa orang juga mengungkapkan jika foto tersebut jauh lebih langka dibandingkan melihat paus bungkuk bersin pelangi.

Rusa berbulu putih atau leukisme merupakan rusa yang paling langka dari empat jenis rusa fallow.

Tidak seperti albino, yang diakibatkan tidak adanya pigmen melanin, leukisme adalah kondisi gen resesif yang dihasilkan dari hilangnya berbagai jenis pigmen.

Meskipun tidak bisa dikatakan seberapa umum kondisi tersebut, namun Nature.org menyebut jika leukisme mempengaruhi setidaknya 1 persen rusa fallow di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.