Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tompi Ungkap Alasannya Harus Buka Suara soal Ratna Sarumpaet

Kompas.com - 03/10/2018, 17:58 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasus operasi plastik Ratna Sarumpaet sempat memicu perdebatan di media sosial. Salah satu yang ikut menanggapi dan melempar dugaan operasi plastik adalah Tompi, penyanyi yang juga dokter bedah estetika.

Sebagai dokter, Tompi terikat kode etik untuk tidak membocorkan tindakan medis yang mungkin dilakukan oleh pasiennya atau orang lain. Namun dalam konferensi pers di kliniknya pada Rabu (3/10/2018), Tompi mengungkapkan alasannya harus buka suara.

"Saya merasa harus bersuara, kalau saya tau saya diem aja. Saya sama jeleknya dengan yang berbohong," ujarnya. "Posisi saya bukan untuk menjatuhkan kredibilitas beliau. Saya justru pada awalnya sangat mengutuk pelaku."

Tompi menguraikan, dirinya awalnya mengira bahwa Ratna Sarumpaet memang dianiaya. Dia mengaku berinisiatif membantu melakukan tindakan medis jika memang yang terjadi adalah penganiayaan. "Gratis," katanya.

Tompi mulai curiga ketika di media sosial mendapat foto Ratna dengan Prabowo. "Dari sini kok saya merasa ada yang aneh. Masalahnya, tampilan klinisnya enggak sesuai dengan orang digebukin. Karena kerjaan saya tiap hari ngurusin muka orang," jelasnya.

Baca juga: Etiskah Komentar Dokter Tompi Soal Prosedur Oplas Ratna Sarumpaet?

Lalu sekitar jam 11-12 malam, ada twit tentang kronologis tindakan Ratna. Dalam foto itu, ada foto di ruangan dan dokter. "Dari situ saya tahuu saya harus ngomong karena ini kebohongan," ungkapnya.

"Secara prosedur bedah plastik sih tidak ada yang aneh. Tapi yang ganjil di sini adalah ada kebohongan publik di sini," ujar Tompi saat ditemui Rabu (03/10/2018) di kliniknya. Ia berpendapat seharusnya dokter yang terkait perlu membuka suaranya akan kasus ini.

Ia menambahkan kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dalam mencerna segala informasi yang tersebar khusunya oleh politisi.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Irena Sakura Rini MARS, SpBP-RE (K), ketua Perhimpunan Bedah Plastik, DKI Jakarta turut memberikan pendapatnya.

"Bedah plastik itu suatu hal yang tidak terlalu aneh. Jadi harusnya pasien bijaksana. Dia harusnya bisa memberikan keterangan pada masyarakat, untuk apa melakukan hal ini," ujar Irena.

Terkait mengapa dokter yang bersangkutan tidak turut buka suara mengenai kebohongan yang dilakukan Ratna, Irena mengatakan "Pada sisi dokternya, seorang dokter tentu harus menjaga rahasia pasien. Ada pasalnya saya kurang hafal," katanya.

Baca juga: Ratna Sarumpaet Akui Bohong soal Oplas, Bagaimana Kita Harus Bersikap?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com