Kompas.com - 28/09/2018, 16:30 WIB
Kura-kura di Maryland mendapatkan kursi roda dari Lego Kura-kura di Maryland mendapatkan kursi roda dari Lego

KOMPAS.com - Bulan Juli lalu, seorang karyawan kebun binatang Maryland menemukan seekor kura-kura yang terluka parah di taman Druid Hill, AS. Cangkang hewan tersebut pecah parah.

Melihat keparahan luka hewan tersebut, petugas itu segera membawanya ke kebun binatang untuk perawatan. Sayangnya, dengan perawatan itu, sang kura-kura tidak bisa bergerak.

Namun, kini hal itu telah berhasil diatasi berkat kecerdikan petugas. Mereka membuatkan kura-kura tersebut semacam kursi roda dari Lego.

Pembuatan alat bantu tersebut, menurut Elle Bronson, direktur senior kesehatan hewan di Kebun Binatang Maryland bertujuan agar hewan itu bisa tetap bergerak.

"Dia memiliki beberapa fraktur pada plastronnya, bagian bawah cangkang, Karena penempatan fraktur yang unik, kami menghadapi tantangan berat untuk mempertahankan mobilitas kura-kura sembari melakukan perawatan penyembuhan," ungkap Bronson dikutip dari Newsweek, Kamis (27/09/2018).

"Kura-kura punya sistem penyembuhan yang jauh lebih lambat dibanding mamalia dan burung. Itu karena metabolisme mereka juga lebih lambat," imbuhnya.

Untuk itu, kura-kura ini memerlukana alat bantu agar tetap bisa bergerak sepanjang waktu hingga sembuh total.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemungkinan kura-kura ini akan menggunakan kursi rode Lego-nya sepanjang musim dingin dan musim semi sampai semua bagian cangkang yang rusak menyatu dan benar-benar sembuh," kata Bronson.

Meski menggunakan "kursi roda", tapi benda itu tidak menghalangi hewan lamban ini untuk masuk ke rumahnya.

Baca juga: Video Ini Rekam Kupu-kupu Minum Air Mata Kura-kura

Ide kursi roda dari Lego sendiri berasal dari dokter hewan Garrett Fraess. Dia mulanya menyusun sketsa desain dan menerima Lego dari seorang temannya.

Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.