Kompas.com - 21/09/2018, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, mikroplastik menjadi salah satu masalah yang menarik perhatian dunia. Ternyata, masalah mikroplastik ini tidak hanya dialami oleh manusia saja tetapi juga nyamuk.

Uniknya, nyamuk terpapar mikroplastik sejak berupa jentik. Bahkan, mereka bisa membawa plastik itu hingga dewsa.

Penelitian yang dilakukan para ahli di University of Reading ini menemukan ketika larva nyamuk memakan mikroplastik, itu akan tetap berada di dalam tubuh nyamuk hingga dewasa.

Artinya, mikroplastik ini bisa ditransfer pada apapun yang mungkin memakan nyamuk tersebut, termasuk burung.

Hal ini bisa terjadi karena jentik tidak bisa membedakan makanan dengan plastik pada usianya.

"Kami mengira mereka akan memakan plastik," ungkap Amanda Callaghan, penulis penelitian ini dikutip dari Newsweek, Rabu (19/09/2018).

"Tapi yang tidak kami perkirakan adalah begitu banyak plastik yang bertahan (dalam tubuh nyamuk) ke tahap perkembangan selanjutnya," sambung Callaghan.

Temuan ini didapatkan setelah para peneliti memberi makan 150 jentik nyamuk dengan serpihan mikroplastik berbagai ukuran dan makanan sebenarnya di laboratorium. Hasilnya, larva tersebut tidak bisa membedakan keduanya.

Sayangnya, mereka tidak bisa mencerna mikroplastik dalam perut.

Ketika jentik-jentik itu tumbuh menjadi nyamuk dewasa, para peneliti memilih secara acak 15 individu yang masih larva dan 15 sudah berupa nyamuk dewasa untuk diperiksa.