Kompas.com - 21/09/2018, 13:10 WIB
Misi RemoveDebris akan menguji coba metode pengambilan sampah di luar angkasa Misi RemoveDebris akan menguji coba metode pengambilan sampah di luar angkasa

KOMPAS.com - Sampah luar angkasa kian menjadi masalah yang mendapat perhatian lebih dari berbagai pihak. Hal ini membuat para awak Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melakukan serangkaian eksperimen dan proyek penelitian untuk menyelesaikannya.

Dalam percobaan yang dipimpin Inggris ini, mereka membuat sebuah satelit yang menempatkan jaring di orbit untuk mendemonstrasikan cara menangkap sampah-sampah antariksa itu.

"Pada 20 Juni 2018, ISS menyebarkan satelit NanoRacks- Remove Debris ke antariksa dari luar modul laboratorium Kibo Jepang," dikutip dari laman resmi Badan Antariksa AS (NASA), Kamis (20/09/2018).

"Demonstrasi teknologi ini dirancang untuk mengeksplorasi menggunakan kamera 3D guna memetakan lokasi dan kecepatan puing orbital atau 'sampah antariksa," sambungnya.

Rekaman yang didapatkan berupa video hitam-putih yang menunjukkan bagaimana jaring besar terlempar dari satelit mini itu.

Dengan jarak hampir 6 meter, jaring yang terlempar tersebut berhasil membungkus targetnya.

"Itu berhasil seperti yang kami harapkan," ungkap Profesor Guglielmo Alietti, direktur Pusat Antariksa Surrey dikutip dari BBC, Rabu (19/09/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Targetnya berputar seperti Anda mengharapkan potongan sampah yang tidak kooperatif berperilaku, tetapi Anda bisa melihat dengan jelas bahwa jaring menangkapnya dan kami sangat senang dengan hasil eksperimen ini," imbuhnya.

Jika ini pembuangan sampah antariksa yang sebenarnya, jaring tersebut akan ditambatkan pada stasiun satelit yang kemudian akan menariknya ke luar dari langit.

Berhubung yang dilakukan para peneliti masih berupa percobaan, jaring dan puing tangkapannya diizinkan jatih ke Bumi dengan sendirinya.

Baca juga: Misi Pembersihan Sampah Luar Angkasa Meluncur, Begini Cara Kerjanya

Halaman:


Sumber NASA,BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.