Kompas.com - 19/09/2018, 17:31 WIB
Sebuah keluarga di Selandia Baru tak sengaja menemukan makhluk laut dengan rupa aneh. Bentuknya antara mirip alien dan gunung berapi. Sebuah keluarga di Selandia Baru tak sengaja menemukan makhluk laut dengan rupa aneh. Bentuknya antara mirip alien dan gunung berapi.

KOMPAS.com - Keluarga Dickinson tak sengaja menemukan gumpalan berwarna merah muda aneh yang menyerupai gunung berapi saat sedang jalan-jalan di pantai Auckland Utara, Selandia Baru, pada Senin lalu.

Bukan alien menyerupai gunung berapi, makhluk itu ternyata adalah spesies ubur-ubur besar dengan ruas-ruas putih mengelilingi senter berwarna merah.

"(Ubur-ubur) ada di mana-mana dan itu sungguh mengagumkan. Kemudian kami melihat seekor (ubur-ubur) yang berbeda dari lainnya," ujar saksi mata Eve Dickinson kepada Auckland Now.

"Kami menghabiskan waktu cukup lama untuk mengamati mereka, karena bentuk dan warnanya yang cantik. Anak saya berkata, (ubur-ubur) ini mengingatkannya pada gunung berapi," imbuhnya.

Suami Eve Dickinson pun menuturkan bahwa ubur-ubur itu sempat berdenyut. "Mirip seperti otot yang berkontraksi," ujar suami Eve, Adam Dickinson kepada Yahoo7.

Baca juga: Jalan-jalan di Pantai, Keluarga Inggris Temukan Penyu Zombie Jumbo

Ubur-ubur surai singa

Dalam laporan Science Alert Rabu (19/9/2018), ubur-ubur yang ditemukan keluarga Dickinson adalah ubur-ubur surai singa (Cyanea capillata).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ubur-ubur C. capillata juga dikenal sebagai ubur-ubur raksasa atau ubur-ubur rambut jeli. Spesies ini lebih mudah dikenali saat mengambang di bawah air.

Di bagian bawah puncak jamurnya, terdapat beberapa helai tipis yang membentuk tentakel jeli. Namun, saat ubur-ubur C. capillata terdampar di pantai, bentuknya menjadi pipih mirip alien.

Ubur-ubur surai singa merupakan ubur-ubur yang dapat hidup di seluruh dunia, mulai dari Arktik sampai Australia dan Selandia Baru.

Diameter tubuhnya umumnya sekitar 50 sentimeter. Namun ahli pernah menemukan ubur-ubur surai singa dengan diameter 2,3 meter pada tahun 1870 di Teluk Massachusetts, Samudra Atlantik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.