Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langka, Ikan Pari di Kebun Binatang Australia Melahirkan Tanpa Ayah

Kompas.com - 05/09/2018, 18:01 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Seekor ikan pari elang tutul di kebun binatang Sea Life Sydney Aquarium, Australia baru saja melahirkan. Kabar ini mungkin terdengar biasa saja, uniknya adalah kebun binatang tersebut tidak ditinggali ikan pari jantan selama lebih dari sembilan tahun.

Bagi manusia dan kebanyakan mamalia lainnya, mungkin hal seperti ini janggal. Seperti kita tahu, dalam proses pembuahan diperlukan sperma untuk membuahi ovum.

Namun, pari memiliki sistem reproduksi unik. Mereka bisa tetap berkembang biak meski tidak ada sperma yang membuahi ovum, yakni dengan metode yang disebut partenogenesis. Dalam bahasa Yunani, partenogenesis berarti perawan murni.

Kemampuan langka yang juga dimiliki hiu, ular, dan ikan gergaji (sawfish) ini merupakan alternatif untuk tetap bereproduksi meski di lingkungannya kekurangan pejantan.

Baca juga: Pari Mobula Terancam Punah karena Penangkapan Berlebihan

Namun, keturunan yang dihasilkan lewat proses partenogenesis tentu saja memiliki perbedaan dibanding keturunan hasil perkawinan. Mereka mempunyai kekurangan secara genetik dan kesehatannya mudah terganggu.

"Ini adalah kejadian langka untuk vertebrata seperti pari elang tutul. Jadi, kelahiran pari di Sea Life Sydney Aquarium adalah sesuatu yang sangat spesial," ujar Adam Stowe, profesor di Macquarie University, dilansir IFL Science, Selasa (4/9/2018).

Sebelum melahirkan

Pari elang tutul yang melahirkan dengan cara partenogenesis itu bernama Freckle.

Sejak awal Juni, petugas kebun binatang sebenarnya sudah melihat beberapa perubahan dalam diri Freckle. Mulai dari perutnya yang membesar, bernapas dan berenang lebih cepat, nafsu makan meningkat, dan ia cenderung malas saat sesi latihan tiba.

Namun, para petugas tidak berpikiran Freckle hamil karena tidak ada pari elang tutul jantan di sana.

Beberapa minggu setelah itu, barulah kecurigaan terkonfirmasi.


"Pada 26 Juli, saat saya mengunjungi kandang Freckle tiba-tiba saya melihat dia berenang dan perutnya sudah kempis. Saya langsung memeriksa lebih dekat dan semua orang di sana sedang terkejut melihat pari elang tutul kecil yang dilahirkan tanpa ayah. Kami bangga menjadi rumah untuk kelahiran bayi elang tutul yang sangat langka," kata pelatih pari senior Libby Eyre.

Baca juga: Mengenal Sengatan Ikan Pari yang Menimpa Menteri Lukman

Anak Freckle yang berjenis kelamin betina diberi nama Ani, kependekan dari Anakin yang merujuk ke Anakin Skywalker alias Darth Vader, karena dalam cerita ia juga tidak memiliki ayah.

Saat ini Ani sudah berusia empat minggu dan dipantau secara ketat oleh tim. Ia pun tidak dipajang di kebun binatang karena masih terlalu muda.

"Untuk saat ini, ia hanya berenang, makan, dan hidup dengan sehat," imbuh Eyre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com