Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biawak Sepanjang 2 Meter Meneror Sebuah Keluarga di Florida

Kompas.com - 02/09/2018, 20:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Apa jadinya kalau ada biawak berukuran sangat besar bersembunyi di sudut rumah kita?

Kejadian menyeramkan itu benar dialami keluarga Lieberman yang tinggal di Davie, Florida. Dalam laporan ABC News, Rabu (29/8/2018), keluarga tersebut menemukan seekor biawak sebesar manusia dewasa bersembunyi di halaman belakang rumah.

Tak hanya terkejut, kejadian ini pun membuat pasangan Zack dan Maria Lieberman ketakutan, terlebih mereka memiliki dua anak yang masih kecil.

Menurut pemberitaan Local 10 News yang dilansir Live Science, Jumat (31/8/2018), reptil raksasa sepanjang dua meter itu diidentifikasi sebagai biawak air Asia (Varanus salvator).

Baca juga: Temuan Baru: Biawak Purba Punya 4 Mata

Kantor media lain Miami Herald melaporkan, biawak air Asia itu sudah berdiam di sekitar rumah Lieberman selama beberapa hari dan selalu berhasil menghindari jebakan pawang dan otoritas satwa liar.

Anjing pelacak yang dikerahkan pun gagal mendeteksi persembunyian biawak air itu.  

Tentang biawak air Asia

Biwak air Asia termasuk dalam genus Varanus dan termasuk kelompok reptil pemangsa berleher panjang, lidah bercabang, dan memiliki tubuh serta ekor berotot.

Spesies ini banyak dijumpai di kawasan  Asia, Afria, dan Oceania. Mereka pun sering dijumpai di Amerika sebagai spesies invasif.

Biawak air Asia merupakan kadal terbesar di dunia, sama seperti komodo (Varanus komodoensis) asli Indonesia. Panjang tubuhnya bisa mencapai tiga meter.

Baca juga: Ekosistemnya Rusak, Taman Nasional Komodo Jadi Perhatian UNESCO

Biawak air Asia awalnya dibawa ke Florida untuk dijadikan hewan peliharaan eksotis, namun beberapa melarikan diri atau sengaja dilepaskan di alam liar.

Hingga berita ini diturunkan, petugas setempat masih mencari cara untuk menjebak biawak air Asia keluar dari persembunyiannya, salah satunya memancingnya dengan paha ayam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com