Ahli Ungkap Peran Penting Keluarga dalam Penyembuhan Skizofrenia

Kompas.com - 31/08/2018, 14:03 WIB
Keluarga berperan penting dalam penyembuhan skizofrenia. Keluarga berperan penting dalam penyembuhan skizofrenia.

KOMPAS.com - Skizofrenia merupakan penyakit jiwa terberat dan kronis yang sampai saat ini diketahui satu penyebab pastinya. Meski begitu, banyak faktor berkontribusi terhadap terjadinya skizofrenia.

Mulai dari faktor genetis, kondisi pra-kelahiran, cedera otak, trauma, tekanan sosial, hingga stres bisa menyebabkan gangguan mental ini.

Pemakaian narkotika dan obat-obatan psikotropika pun bisa menjadi faktor pemicu skizofrenia.

Stigma Masyarakat

Seperti gangguan mental lainnya, penderita skozofrenia juga sering mendapat stigma buruk dari masyarakat.

Padahal, hal ini bisa memperparah kondisinya karena pada dasarnya penderita skizofrenia mengalami kesulitan berinteraksi dengan orang lain. Bahkan tak jarang mereka menarik diri dari aktivitas sehari-hari di lingkungan keluarga dan dunia luar.

Karena hal tersebut, maka lingkungan sosial pula lah—termasuk keluarga—yang memiliki peran penting dalam skizofrenia.

“Kalo depresi mekanisme perempuan dan laki-laki ada perbedaan. Kalau perempuan mungkin bisa curhat, tapi stigma masyarakat sering membuat pernyataan laki-laki tidak boleh cengeng," ujar dr. Eka Viora SpKJ, ketua Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia, ditemui saat Southeast Asia Mental Health Forum 2018, Kamis (30/08/2018) di Jakarta. 

"Itu yang membuat laki-laki sulit mencari penyelesaian masalahnya, yang kemudian menjadi depresi," sambungnya.

Peran Keluarga

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X