Kelambanan Selamatkan Siput dari Kepunahan

Kompas.com - 25/08/2018, 17:09 WIB
Ilustrasi siput Cablemarder/PixabayIlustrasi siput

KOMPAS.com - Kebanyakan orang akan mengatakan kalau kelambanan merupakan hal yang buruk. Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa kelambanan tidak seburuk yang kita kira.

Setidaknya bagi moluska, kelambanan ternyata bisa menjadi mekanisme bertahan hidup mereka dari kepunahan.

Luke Strotz, seorang paleontolog dari University of Kansas bersama timnya menganalisis hampir 300 spesies moluska, termasuk moluska air, siput dan juga keong, yang menghuni Atlantik Barat sejak zaman Pliosen yang dimulai sekitar 5,33 juta tahun yang lalu.

Mereka meneliti tingkat metabolisme spesies atau jumlah energi yang dibutuhkan organisme untuk menjalankan kehidupan setiap harinya.

"Kami bertanya-tanya, bisakah kami melihat kepunahan spesies berdasarkan asupan energi organisme," kata Luke Strotz, peneliti di University of Kansas.

"Ternyata kami menemukan perbedaan untuk spesies moluska yang telah punah selama 5 juta tahun terakhir dan yang masih hidup sampai sekarang," tambah Strotz, seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (22/8/2018).