Kompas.com - 13/08/2018, 20:01 WIB


KOMPAS.com - Belum lama ini seorang turis Taiwan yang sedang berlibur di Kenya dikabarkan meninggal karena gigitan kuda nil.

Peristiwa nahas itu terjadi ketika Chan Ming Huang yang berusia 66 tahun mencoba mengambil foto kuda nil di pinggir danau Naivasha dari dekat.

Danau Naivasha yang berjarak 93 kilometer ke arah barat daya ibukota Kenya, Nairobi, merupakan rumah bagi berbagai spesies hewan liar, termasuk lebih dari 400 jenis burung dan kuda nil.

Chang tidak berhasil diselamatkan dan meninggal saat dalam perjalanan ke rumah sakit, ia digigit di bagian dada.

Baca juga: Video Tampilkan Pergulatan Mustahil antara Impala, Buaya dan Kuda Nil

Setelah Chang, kejadian yang sama juga menimpa turis Taiwan lain, Wu Peng Te, Sabtu kemarin (11/8/2018). Untungnya teman Chang ini hanya mengalami sedikit memar dan masih bisa diselamatkan.

Wu Peng Te sempat dirawat di Rumah Sakit Distrik Naivasha dan kemudian dibawa ke Lake Naivasha Sopa Resort untuk menjalani pemulihan.

Kejadian ini bukan yang pertama. Setidaknya sudah ada enam orang yang tewas karena serangan kuda nil di daerah itu sepanjang tahun ini.

"Meningkatnya air di Kenya telah mengurangi luas area padang rumput untuk kuda nil, memaksa mereka mencari lahan lain dan mendekati hotel, hal ini akhirnya meningkatkan kontak antara mamlia dan manusia," kata ketua Asosiasi Danau Fiji, David Kilo kepada surat kabar lokal Kenya Star via BBC, Senin (13/8/2018).

Kuda nil, herbivora berukuran raksasa dan agresif

Kuda nil jantan dewasa beratnya bisa mencapai 3.200 kilogram.

Baca juga: Dahsyatnya Kotoran Kuda Nil, Bisa Membunuh Ikan-ikan di Sungai

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.