Kompas.com - 13/08/2018, 18:01 WIB
Foto yang dirilis NASA ini menunjukkan United Launch Alliance Delta IV Heavy rocket meluncurkan Parker Solar Probe pada 12 Agustus 2018, di Cape Canaveral Air Force Station di Florida. Foto yang dirilis NASA ini menunjukkan United Launch Alliance Delta IV Heavy rocket meluncurkan Parker Solar Probe pada 12 Agustus 2018, di Cape Canaveral Air Force Station di Florida.


KOMPAS.com - Wahana penjelajah matahari Parker sudah meluncur dengan roket raksasa dari Tanjung Canaveral, Florida, dan menjadi benda buatan manusia yang melesat paling cepat dalam sejarah.

Perangkat tersebut akan berada dalam jarak paling dekat dengan matahari dibanding wahana lain yang pernah diluncurkan.

Data-data yang akan dihasilkan, diharapkan bisa memecahkan misteri lama tentang matahari.

Baca juga: Besok, Mimpi NASA Menyentuh Matahari Diluncurkan

Ini merupakan wahana ruang angkasa pertama yang diberi nama berdasarkan orang yang masih hidup, Eugene Parker, 91 tahun, astrofisikawan yang pada tahun 1958 menjadi orang pertama yang memapar tentang angin matahari.

"Wow, ini dia! Kita akan mempelajari begitu banyak hal dalam beberapa tahun ke depan," kata Parker setelah menonton lepas landasnya wahana itu dari lokasi.

Guru besar di Universitas Chicago mengatakan dia sampai menggigit-gigit kukunya saat peluncuran.

Roket Delta-IV -yang membawa wahana itu- diluncurkan pada 03:31 waktu setempat atau hari Minggu (12/08), pukul 13:31 WIB.

Peluncuran dilakuan setelah pembatalan pada hari sebelumnya, ketika alarm pada menit-menit terakhir menyebabkan NASA kehilangan jendela cuaca 65 menit.

Kurang dari satu jam setelah peluncuran, NASA mengkonfirmasi bahwa pesawat luar angkasa telah berhasil memisahkan diri dan wahana itu telah dilepaskan ke luar angkasa.

Apa yang akan dilakukan wahana Parker?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.