Kompas.com - 12/08/2018, 13:51 WIB
Kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, 90 persen bangunan rumah sakit rusak oleh sebab gempa. 
Kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, 90 persen bangunan rumah sakit rusak oleh sebab gempa.

LOMBOK, KOMPAS.com - Hingga 7 hari pasca gempa, fasilitas kesehatan di area kecamatan Tanjung, kabupaten Lombok Utara masih belum pulih.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo mengatakan, sejumlah bantuan untuk kondisi darurat telah dikirim.

Kemenkes hari ini sudah mengirimkan bantuan untuk kebersihan dan kesehatan pasien seperti handuk, sabun, shampoo, dan selimut, masing-masing 200 buah.

Sementara itu, untuk mengatasi kendala pelayanana, akan dibangun rumah sakit sementara.

Baca juga: Pusatnya di Darat, Kenapa Gempa Lombok M 7 Berpotensi Tsunami?

"Tidak sangat lengkap tapi sudah bisa memberi pelayanan. Ada rawat jalan, gawat darurat, dan ruang operasi," katanya.

Rumah sakit sementara akan dibangun dengan konstruksi baja ringan dan tembok BRC. Sebagai pembantu, akan dibangun juga puskesmas sementara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dr Baharudin dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung, mengatakan, 90 persen bangunan rumah sakit rusak oleh sebab gempa.

"Untungnya ruang radiologi, bank darah, dan laboratorium kesehatan masih bisa digunakan," kata Baharudin saat ditemui Kompas.com pada Minggu (12/8/2018).

Sementara Teguh dari bagian farmasi RSUD Tanjung mengungkapkan bahwa rumah sakit kekurangan obat-obatan dasar.

"Salep kulit sudah beberapa hari kosong padahal banyak permintaan. Selain itu obat pencahar, diare, vitamin neurotropik dan kateter juga kosong," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.