Kompas.com - 10/08/2018, 17:31 WIB
Kouro, burung frougmouth asal Australia yang melakukan transplantasi bulu untuk sayapnya yang rusak karena tersangkut di pagar berduri. Kouro, burung frougmouth asal Australia yang melakukan transplantasi bulu untuk sayapnya yang rusak karena tersangkut di pagar berduri.


KOMPAS.com - Seekor burung paruh katak atau burung frogmouth kecokelatan yang tinggal di kota Jimboomba, Australia, bernasib sial karena terjebak di kawat berduri.

Burung frogmouth kecokelatan (Podargus strigoides) merupakan spesies burung nokturnal asli Australia.

Burung ini punya mata besar dan tubuh gempal yang kerap disalahartikan sebagai burung hantu. Padahal keduanya merupakan jenis yang berbeda.

Menurut presiden lembaga rehabilitasi reptil di Queensland Anette Bird kepada Australian Geographic, burung malang yang dinamai Kouro itu terjebak di pagar kawat berduri setinggi 1,8 meter.

Baca juga: Metode Transplantasi Kepala Dikembangkan, Mungkinkah Segera Dilakukan?

Bird yakin burung malang itu tersangkut di pagar kawat berduri saat terbang di malam hari.

Setelah Bird mendapat laporan, ia dan timnya bergegas datang ke lokasi untuk melepaskan burung. Namun, mereka harus melakukan cara berisiko untuk melepasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat saya melihatnya, saya sadar burung ini sedang dalam masalah besar. Saya akhirnya  memotong bulu pada sayapnya untuk melepaskannya. Kalau hal itu tidak dilakukan, mungkin hal lebih buruk akan terjadi," ujar Bird yang kemudian membawa burung frogmouth itu ke rumah sakit hewan di Brisbane, seperti dilansir Science Alert, Kamis (9/8/2018).

Meski kehilangan bulu utama di sayap, Kouro masih beruntung.

Tak lama setelah Kouro diselamatkan, Bird mendapat telepon tentang burung frogmouth lain yang kritis.

Belum sempat diselamatkan, burung frogmouth kedua yang didatanginya sudah mati karena mengalami cedera kepala dan sayap parah setelah menabrak mobil yang melaju dengan kecepatan 100 kilometer per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.