Kali Pertama, Ilmuwan Lakukan Transplantasi Memori pada Siput Laut

Kompas.com - 16/05/2018, 20:09 WIB
Aplysia californica. Chad King/NOAA MBNMS/Wikimedia CommonsAplysia californica.

KOMPAS.com – Anda tidak sedang bermimpi atau pindah ke masa depan. Para ilmuwan telah berhasil memindahkan memori dari satu siput laut ke siput laut lainnya hanya dengan suntikan pada 2018.

Dilansir dari Science Alert, Selasa (15/5/2018), tim peneliti yang dipimpin oleh pakar biologi David Glanzman dari University of California ingin memahami cara kerja engram (jejak fisik dari penyimpanan memori) dalam usaha untuk mengembalikan memori yang hilang dan mengurangi trauma seseorang.

Mereka merujuk pada penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa memori jangka panjang bisa disimpan setelah amnesia dengan komponen penting yang meskipun belum diketahui secara pasti, tetapi diduga melibatkan modifikasi epigenetik yang dilakukan oleh asam ribonukleat (ARN).

ARN ini juga diketahui terlibat dalam pembentukan memori jangka panjang.

Dari situ, Glanzman dan timnya berhipotesis bahwa memori jangka panjang bisa dipindahkan dengan menyuntikkan RNA dari satu siput laut ke siput laut lainnya.