Perpustakaan Zaman Romawi Kuno Ditemukan di Pusat Kota Jerman - Kompas.com

Perpustakaan Zaman Romawi Kuno Ditemukan di Pusat Kota Jerman

Kompas.com - 08/08/2018, 19:38 WIB
 Ekskavasi perpustakaan kuno di Cologne, Jerman
Roman-Germanic Museum of Cologne Ekskavasi perpustakaan kuno di Cologne, Jerman

KOMPAS.com - Siapa sangka bila di bawah tanah di Cologne, Jerman terdapat sebuah perpustakaan Romawi kuno yang pernah menyimpan koleksi naskah hingga 20.000 banyaknya.

Para arkeolog menemukan struktur epik tersebut secara tidak sengaja pada tahun 2017 ketika mereka tengah menggali tanah di gereja Protestan untuk membangun pusat komunitas baru.

Temuan ini memang tidak terlalu mengejutkan, mengingat Cologne merupakan salah satu kota tertua di Jerman yang didirikan pada tahun 50. Sehingga tidak mengherankan juga jika ia masih menyimpan struktur yang berasal dari zaman Romawi.

Baca juga: Kokoh 2.000 Tahun, Rahasia Kekuatan Beton Romawi Kuno Terungkap

Namun menariknya, saat pertama kali ditemukan para arkeolog tidak menyadari struktur itu merupakan perpustakaan. Hingga akhirnya mereka menemukan lubang misterius di dinding yang masing-masing berukuran sekitar 80 x 50 sentimeter.

"Lubang di dinding itu kemungkinan lemari yang digunakan untuk gulungan atau naskah," kata Dirk Schmitz, arkeolog dari Roman-Germanic Museum di Cologne.

"Dinding seperti itu khusus digunakan di perpustakan. Anda juga bisa menemukan yang serupa di perpustakaan di Efesus, Turki," ujarnya lagi.

Perpustakaan umum tertua di Jerman
Roman-Germanic Museum of Cologne Perpustakaan umum tertua di Jerman

Schmitz menduga jika perpustakaan itu berisi setidaknya 20.000 gulungan. Meskipun perpustakaan yang baru saja ditemukan ini ukurannya lebih kecil dibandingkan perpustakaan Celsus di Efesus yang dibangun pada tahun 117, namun ini merupakan temuan yang luar biasa.

"Ini merupakan perpustakaan paling awal di Jerman dan sekaligus di provinsi Romawi bagian barat laut. Mungkin juga masih ada banyak kota-kota Romawi yang juga memiliki perpustakaan, tetapi belum diekskavasi," jelas Schmitz.

Lanjutnya, Romawi kuno juga sangat mahir memilih tempat yang pas untuk sebuah perpustakaan.

Baca juga: Lebih Lama, Paus Ternyata Telah Diburu Sejak Romawi Kuno

" Perpustakaan terletak di jantung Cologne, di pusat perbelanjaan, tempat umum yang ada di pusat kota. Perpustakaan juga dibangun dengan material yang sangat kuat," tambahnya.

Perpustakaan kemungkinan berlantai 2 dengan luas 20 x 9 meter. Selain itu, juga ada tambahan sebuah ruang kecil di mana patung Minerva, dewi Athena Yunani ditempatkan.

Setelah penemuan ini, reruntuhan perpustakaan rencananya akan diintegrasikan dengan pusat komunitas gereja baru, yang di kemudian hari bisa memudahkan akses pengunjung dan arkeolog ke situs peninggalan Romawi ini.


Komentar
Close Ads X