Peneliti Australia Ciptakan Terobosan Bahan Bakar Hidrogen dari Amonia

Kompas.com - 08/08/2018, 11:17 WIB
Scott Nargar dari Hyundai sedang mengisi bahan bakar hidrogen di lokasi penelitian CSIRO di Brisbane. Scott Nargar dari Hyundai sedang mengisi bahan bakar hidrogen di lokasi penelitian CSIRO di Brisbane.

BRISBANE, KOMPAS.com - Dua mobil berbahan bakar hidrogen dari amonia diujicobakan di Brisbane, Australia hari Rabu (8/8/2018).

Penggunaan hidrogen dari amonia sebagai bahan bakar kendaraan merupakan terobosan pertama di dunia yang dilakukan peneliti dari lembaga penelitian CSIRO.

Peneliti CSIRO Michael Dolan mengatakan pihaknya sangat senang karena penelitian selama satu dekade ini akhirnya membuahkan hasil.

Selama satu dekade terakhir, peneliti berupaya memproduksi hidrogenkemurnian ultra-tinggi dengan menggunakan teknologi membran tersendiri.

Terobosan teknologi membran ini memungkinkan hidrogen diangkut dengan aman dan digunakan sebagai sumber energi produksi massal.

"Jelas kami menjadi yang pertama menghasilkan produksi hidrogen dari amonia yang sangat bersih," jelas Dr Dolan.

"Hari ini untuk pertama kalinya di dunia mobil hidrogen digerakkan oleh bahan bakar yang berasal dari amonia. Inilah bahan bakar yang bebas karbon," sambungnya.

Dr David Harris, pemimpin program ini mengatakan, Australia memang memiliki sumber energi terbarukan berupa sinar matahari dan angin yang dapat dimanfaatkan menghasilkan hidrogen.

Namun masalahnya, unsur ini sangat mudah terbakar sehingga sulit untuk dikirim jarak jauh karena kepadatannya yang rendah.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X