Kompas.com - 10/12/2017, 20:15 WIB
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, minum bir dapat membuat rileks. Tahukah anda? Diam-diam bir juga dapat digunakan untuk bahan alternatif pengganti bensin.

Tentu saja tidak langsung digunakan begitu saja. Tetapi ada proses yang harus dilakukan untuk mengubah kandungan di dalamnya.

Beberapa tahun terakhir ahli kimia dari Universitas Bristol, Inggris, sudah melakukan berbagai macam percobaan yang mengembangkan teknologi untuk mengubah etanol menjadi butanol.

Butanol disebut sebagai zat mirip bensin yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan bakar. Butanol memiliki kerapatan energi lebih rendah yang dapat menimbulkan korosif (menimbulkan sesuatu lewat proses kimia) pada mesin.

Baca Juga: Minum Alkohol Sampai Mabuk, Ini yang Terjadi pada Otak

Lewat sejumlah penelitian, akhirnya peneliti berhasil mengubah etanol murni dan kering menjadi butanol. Saat ini, mereka sedang meningkatkan teknologi menggunakan fermentasi etanol murni, yang mengandung air hingga 90 persen dan zat-zat tak murni lain.

"Alkohol dalam bir sebenarnya adalah etanol, molekul yang sama persis dengan zat yang bisa diubah menjadi butanol sebagai pengganti bensin," kata Profesor Duncas Wass dari University's School of Chemistry dikutip dari Daily Mirror, Kamis (6/12/2017).

Dia menyebut, minuman beralkohol adalah bahan terbaik untuk membuat fermentasi alkohol.

"Jika kami sukses membuat teknologi menggunakan minuman beralkohol terutama bir, maka hal ini akan berpotensi meningkatkan produksi butanol sebagai pengganti bensin dalam skala industri," sambung Wass.

Dalam prosesnya, mereka menggunakan katalis. Itu adalah zat untuk mempercepat dan mengendalikan reaksi kimia yang dapat mengubah etanol menjadi butanol.

Wass berkata bir tidak akan digunakan dalam skala industri, namun bir yang mudah didapat berfungsi sebagai sampel untuk menguji teknologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.