4 Manfaat Tersembunyi Alpukat, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Mental - Kompas.com

4 Manfaat Tersembunyi Alpukat, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Mental

Kompas.com - 02/08/2018, 19:03 WIB
Ilustrasi alpukatbarmalini Ilustrasi alpukat


KOMPAS.com - Selain mengenyangkan, kebaikan lemak nabati alpukat juga dikenal dapat memberi nutrisi untuk kulit dan rambut. Lebih dari itu, alpukat sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tidak kita sadari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat alpukat yang mungkin belum Anda ketahui:

Baca juga: Jangan Buang Biji Alpukat, Kandungannya Berharga seperti Permata

1. Membantu penyerapan vitamin

Mia Syn, seorang ahli gizi diet dan nutrisi terdaftar mengatakan lemak alpukat tidak hanya bagus untuk kulit dan rambut saja.

" Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu penyerapan vitamin A, D, K, dan E yang larut dalam lemak," ujar Mia kepada Elite Daily melalui email, dilansir Rabu (1/8/2018).

"Vitamin K penting untuk pembekuan darah, sementara vitamin E membantu melindungi sel, jaringan, dan organ dari kerusakan radikal bebas," imbuhnya.

2. Menjaga kesehatan mental

The New York Times melaporkan, alpukat mengandung banyak magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan mental dan terhindar dari stres.

"Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan stres, tingkat kecemasan yang tinggi, dan sulit tidur," kata Dr. Raj Dasgupta, seorang profesor pulmonary and sleep medicine di University of Southern California.

"Magnesium adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan agar kita bisa tidur nyenyak di malah hari," imbuh Raj.

3. Mencegah Katarak

Menurut sebuah penelitian yang terbit di jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science, para ahli menemukan beberapa karotenoid atau pigmen dalam alpukat efektif mencegah katarak dan masalah penglihatan pada orang tua.

4. Mencegah sembelit

Menurut University of Maryland Medical Center, alpukat mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan dan mencegah sembelit.

" Alpukat mengandung sekitar 40 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan tubuh," ujar para ahli.

Baca juga: Pisang Manakah yang Lebih Baik Menurut Sains, Matang atau Mentah?

Semua daging alpukat pada dasarnya baik, namun yang paling banyak mengandung nutrisi adalah daging buah yang paling dekat dengan kulit.

"Jadi pastikan untuk menyendok semuanya dan jangan ada yang dibuang," kata Mia Syn.



Close Ads X