Punya 8 Mata, Inilah Warna yang Bisa Dilihat Laba-laba

Kompas.com - 01/08/2018, 21:32 WIB
Warna adalah sesuatu yang dipertimbangkan laba-laba serigala untuk mengenali perilaku komunikasi, menurut studi yang dilakukan University of Cincinnati. Warna adalah sesuatu yang dipertimbangkan laba-laba serigala untuk mengenali perilaku komunikasi, menurut studi yang dilakukan University of Cincinnati.

KOMPAS.com – Laba-laba memang punya delapan mata. Namun kemampuan melihat mereka kurang, khususnya untuk menanggapi warna.

Meski begitu, laba-laba punya cara sendiri dalam menanggapi warna. Misalnya saja laba-laba merak yang belum lama ini diketahui menggunakan warna terang dari tubuhnya untuk menarik lawan jenis.

Lalu, bagaimana dengan laba-laba lain, misalnya laba-laba serigala yang hanya memiliki warna cokelat?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para ahli biologi dari University of Cincinnati mempelajari laba-laba serigala. Mereka ingin mengetahui apakah spesies itu dapat merespon warna.

Baca juga: Perubahan Iklim Bikin Laba-laba Ini Tumbuh 2 Kali Lebih Besar

Tim yang dipimpin George Uetz seorang profesor biologi dari University of Cincinnati telah mempresentasikan temuan mereka dalam pertemuan American Arachnological Society di University of Michigan.

"Asumsi selama ini, laba-laba serigala tidak memperhatikan warna. Tapi kami menemukan fakta berbeda," kata Uetz, dilansir Science Daily, Selasa (31/7/2018).

"Kita perlu melihat lebih dekat pada neurobiologi mata mereka. Kita perlu memahami apa fungsi retina mereka," imbuhnya.

Seperti kebanyakan laba-laba lain, laba-laba serigala memiliki empat pasang mata. Beberapa matanya memiliki lensa reflektif atau disebut juga tapetum yang berkilau di cahaya terang.

Uetz menjelaskan, kebanyakan manusia memiliki penglihatan trikromatik, yakni sel-sel retina yang disebut juga sel kerucut. Dengan sel kerucut itu, kita mampu melihat warna merah, hijau, dan biru.

Namun, hal itu tidak terjadi pada laba-laba serigala. Mereka hanya bisa melihat warna hijau dan ultraviolet.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X