Kompas.com - 31/07/2018, 19:00 WIB
Jerawat jamur merupakan jenis jerawat yang sering salah didiagnosa sebagai jerawat biasa yang disebabkan oleh bakteri. science alertJerawat jamur merupakan jenis jerawat yang sering salah didiagnosa sebagai jerawat biasa yang disebabkan oleh bakteri.

KOMPAS.com - Jika Anda memiliki jerawat yang tak kunjung membaik, berwarna merah dan terkadang gatal, mungkin ini waktunya Anda mulai memberikan perhatian lebih.

Apalagi, jika jerawat tersebut terlihat berbeda dengan yang lainnya dari waktu ke waktu. Bisa jadi, jerawat yang Anda alami adalah jerawat jamur atau fungal acne.

Fungal acne atau Malassezia (Pityrosporum) folliculitis merupakan jenis jerawat yang sering salah didiagnosis sebagai jerawat biasa (disebabkan oleh bakteri).

Penanganan yang kurang tepat (karena salah diagnosis) sering membuat jerawat ini tidak sembuh, malah membuat infeksi lebih buruk.

Untuk diketahui, sebenarnya secara alami, jamur tersebut ditemukan pada kulit banyak hewan, termasuk manusia.

Namun, Malassezia kadang-kadang akan membentuk benjolan kecil dan menimbulkan jerawat di dada, lengan, punggung atau wajah.

Baca juga: Jangan Ditiru! Ini Akibatnya bila Bersihkan Jerawat Pakai Pisau Kayu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kulit kita seperti cawan petri raksasa," ujar Adam Friedman, dermatolog di George Washington University School of Medicine dikutip dari Science Alert, Jumat (27/07/2018).

"Kedengarannya menjijikan tetapi ada lebih dari 500 spesies bakteri, tidak termasuk virus atau jamur (di kulit kita). Mereka seperti lapisan perlindungan tambahan yang melawan patogen potensial. Mereka memeriksa semuanya, tetapi jika terganggu keseimbangannya, hal-hal lain bisa terjadi," sambungnya.

Segera setelah jamur tersebut menemukan tempat untuk bersarang, mereka akan menancapkan folikel, menikmati minyak di kulit, dan terus bereplikasi.

Jamur ini pertama kali dijelaskan pada tahun 1969. Pada 1973, jamur ini ditetapkan sebagai penyakit tersendiri. Meski begitu, jerawat jamur ini relatif tidak dikenal jika dibandingkan dengan jerawat bakteri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.