Kompas.com - 29/07/2018, 20:00 WIB
Hibrida lumba-lumba dan paus ditemukan di lepas pantai Hawaii Kimberly A. Wood/Cascadia Research Collective Hibrida lumba-lumba dan paus ditemukan di lepas pantai Hawaii

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah menemukan sebuah spesies langka baru di lepas pantai Kauai, Hawaii. Hewan yang mereka lihat diperkirakan adalah hibrida paus dan lumba-lumba.

Hewan ini sebenarnya telah terlihat sejak tahun lalu. Namun, laporan dari Cascadia Research Collective baru saja menegaskan bahwa makhluk tersebut memang hasil perkawinan antara paus dan lumba-lumba.

"Kami memiliki foto hewan itu dan menduganya sebagai hibrida dari ciri-ciri morfologi antara spesies," ungkap Robin Baird, peneliti spesies tersebut dikutip dari Newsweek, Sabtu (28/07/2018).

Untuk menyelidiki kecurigaan mereka terhadap makhluk tidak biasa ini, Baird dan timnya mengambil sampel biopsinya. Hal ini dilakukan untuk menganalisis genetika hewan itu.

Hasilnya, Baird mengkonfirmasi bahwa memang hewan ini hasil persilangan dua spesies yang berbeda.

"Berdasarkan genetika, 'ayah' hewan ini adalah lumba-lumba bergerigi kasar dan induknya paus berkepala melon," ujar Baird dikutip dari CBS News, Sabtu (28/07/2018).

Meskipun induknya berasal dari spesies yang sering disebut paus bekepala melon, tapi sebenarnya ia termasuk dalam keluarga lumba-lumba laut atau Delphinidae.

Hibrida yang disebut sebagai "temuan paling tidak biasa" ini kemudian dinamai Steno bredanensis.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya perkawinan silang antara lumba-lumba dan paus terjadi.