Kompas.com - 29/07/2018, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah menemukan sebuah spesies langka baru di lepas pantai Kauai, Hawaii. Hewan yang mereka lihat diperkirakan adalah hibrida paus dan lumba-lumba.

Hewan ini sebenarnya telah terlihat sejak tahun lalu. Namun, laporan dari Cascadia Research Collective baru saja menegaskan bahwa makhluk tersebut memang hasil perkawinan antara paus dan lumba-lumba.

"Kami memiliki foto hewan itu dan menduganya sebagai hibrida dari ciri-ciri morfologi antara spesies," ungkap Robin Baird, peneliti spesies tersebut dikutip dari Newsweek, Sabtu (28/07/2018).

Untuk menyelidiki kecurigaan mereka terhadap makhluk tidak biasa ini, Baird dan timnya mengambil sampel biopsinya. Hal ini dilakukan untuk menganalisis genetika hewan itu.

Hasilnya, Baird mengkonfirmasi bahwa memang hewan ini hasil persilangan dua spesies yang berbeda.

"Berdasarkan genetika, 'ayah' hewan ini adalah lumba-lumba bergerigi kasar dan induknya paus berkepala melon," ujar Baird dikutip dari CBS News, Sabtu (28/07/2018).

Meskipun induknya berasal dari spesies yang sering disebut paus bekepala melon, tapi sebenarnya ia termasuk dalam keluarga lumba-lumba laut atau Delphinidae.

Hibrida yang disebut sebagai "temuan paling tidak biasa" ini kemudian dinamai Steno bredanensis.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya perkawinan silang antara lumba-lumba dan paus terjadi.

Baca juga: Cerdas, Lumba-lumba Ini Punya Trik Khusus Tangkap Mangsa

"Hibrida di antara spesies paus dan lumba-lumba yang berbeda pernah dicatat sebelumnya. Tetapi ini adalah kasus pertama hibrida antara dua spesies ini," kata Baird dikutip dari The Independent, Minggu (29/07/2018).

"Dan hanya kasus ketiga yang dikonfirmasi (dengan genetika) dari hibrida liar antara dua spesies dalam keluarga Delphinidae," sambungnya.

Untuk itu, Baird dan timnya berharap bisa kembali ke lepas pantai tersebut. Mereka ingin mendapat lebih banyak foto dari hewan tak biasa ini agar bisa mempelajarinya lebih jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.