Kompas.com - 26/07/2018, 13:35 WIB

KOMPAS.com - Sebuah tim arkeolog dari Perancis dan Spanyol telah menemukan fosil gigi susu anak. Temuan yang disebut sebagai "fosil luar biasa" ini diperkirakan berusia 560.000 tahun.

Fosil itu ditemukan pada Senin (23/07/2018) lalu di Gua Arago, Perancis. Gua Arago sendiri dikenal sebagai gua prasejarah yang luas di Tautavel di sisi Prancis dari pegunungan Pyrenees yang berbatasan dengan Spanyol.

Setelah dianalisis, para peneliti mengkonfirmasi bahwa gigi itu milik sub-spesies manusia purba yaitu Homo heidelbergensis.

Spesies manusia purba ini memiliki berbagai fitur seperti Homo erectus dan manusia modern.

"Gigi itu mungkin milik seorang anak berusia lima atau enam tahun, yang masih memiliki gigi susunya tetapi telah sering menggunakannya," ungkap Tony Chevalier, paleoantropolog di University of Perpignan, Perancis dikutip dari AFP, Selasa (24/07/2018).

Berdasarkan umurnya, gigi ini lebih tua 100.000 tahun dibanding manusia Tautavel yang tengkoraknya ditemukan pada 1971.

Selain itu, gigi ini dianggap luar biasa karena sisa-sisa manusia yang berasal dari periode tersebut sangat langka.

Chevalier juga menyebut, gigi susu ini akan mengajarkan kita banyak hal tentang perilaku manusia saat itu.

Sebagai informasi, para peneliti telah lama bergulat dengan pertanyaan tentang bagaimana manusia purba tinggal di gua di Tautavel.

Pertanyaan itu muncul setelah sekitar 150 fosil manusia purba ditemukan.

Baca juga: Fosil Langka Leluhur Gajah dengan Empat Gading Ditemukan di Perancis

Sayangnya, hingga kini peneliti belum menentukan apakah itu adalah tempat penampungan sementara di mana nenek moyang kita berhenti untuk liburan berburu, atau apakah keluarga membuatnya menjadi rumah yang lebih permanen.

Diperkirakan, temuan fosil gigi susu ini bisa mengungkap misteri tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.