Kompas.com - 27/06/2018, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Penemuan dua fosil hewan laut misterius yang hidup ratusan juta tahun lalu oleh ilmuwan Amerika merupakan fenomena luar biasa dalam dunia sains.

Uniknya, para ilmuwan justru memilih nama mantan presiden AS, Barrack Obama, untuk salah satu fosil langka tersebut dan bukan presiden AS saat ini, Donald Trump.  

Kedua fosil ini ditemukan di Bukit Ediacara di Flinders Ranges, Australia. Sebagai bagian dari Biota Edikara yang hidup sekitar 580-540 juta tahun lalu di lautan dangkal, mereka tidak termasuk dalam famili mana pun dan belum diketahui bagaimana kaitannya dengan makhluk modern.

"Dua genus yang telah kami identifikasi adalah klasifikasi baru, tidak seperti hal lain yang telah dijelaskan," kata peneliti utama dan profesor sains bumi dari University of California at Riverside, Mary Droser.

“Kami telah melihat bukti untuk hewan-hewan ini cukup lama, tetapi kami butuh waktu untuk menverifikasi bahwa mereka hewan baru dan bukan bagian dari hewan lain,” tambahnya.

Baca Juga: 200 Tahun Jadi Misteri, Makhluk Aneh Ditemukan dan Ketahuan Makan Gas

Dipublikasikan dalam jurnal Australian Journal of Earth Sciences atau AJES edisi Flinders Range, makhluk pertama diberi nama Obamus coronatus.

Ya, nama makhluk tersebut memang mirip dengan mantan presiden AS, Barrack Obama, karena para penemunya ingin memberikan penghormatan terhadap minat Obama untuk sains.

Selain itu, bentuk tubuh O coronatus yang mirip cakram dan berukuran 0,5-2 sentimeter dengan alur spiral yang menonjol di permukaannya mengingatkan para peneliti akan telinga Obama yang khas.

Menurut dugaan para peneliti, makhluk ini tidak bergerak, dan hanya tertanam di antara organisme yang menutupi dasar laut.

Sementara itu, hewan kedua yang akan dipublikasikan di jurnal yang sama adalah Attenborites janeae. Makhluk ini diberi nama seperti naturalis dan penyiar dari Inggris, Sir David Attenborough.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.