Misteri Mesir: Ahli Temukan Peti Mati Kuno Berukuran Raksasa

Kompas.com - 11/07/2018, 09:27 WIB
Penutup sarkofagus dan tubuh telah disegel dengan mortar, yang mungkin menunjukkan bahwa itu belum dibuka sejak ditutup lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Penutup sarkofagus dan tubuh telah disegel dengan mortar, yang mungkin menunjukkan bahwa itu belum dibuka sejak ditutup lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

KOMPAS.com - Para arkeolog baru saja menemukan sebuah sarkofagus atau peti mati kuno yang terbuat dari batu granit hitam di kota Alexandria, Mesir. Sarkofagus ini diprediksi berasal dari masa kerajaan Ptolemaik, atau sekitar 305 SM hingga 30 SM.

Selain usianya yang sangat tua, sarkofagus ini juga merupakan peti mati terbesar yang pernah ditemukan di Alexandria.

Dalam keterangan laman Facebook Dr. Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala dan Barang Antik di Mesir, peti mati ini memiliki lebar 1,6 meter, tinggi 1,8 meter, dan panjangnya sekitar 2,6 meter. Peti ini pun terkubur di kedalaman 4,9 meter.

Berdasarkan pengamatannya, peti itu tertutup rapat selama 2000 tahun. Buktinya, lapisan semen antara tutup peti dan kotak peti masih utuh dan rapat.

Baca Juga: Artefak Mesir Kuno Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Sydney

Dari bentuk dan ukurannya, sangat mungkin jika sarkofagus ini disiapkan untuk menguburkan tokoh terpandang atau mungkin terkaya. Namun siapa?

Dilansir IFL Science, pada zaman dahulu sarkofagus sengaja dibuat berukuran lebih besar dari jasad di dalamnya.

Misalnya saja ada sarkofagus terpanjang yang pernah ditemukan di Mesir dengan ukuran lebih dari empat meter. Meski sangat panjang, namun jasad di dalamnya tidak akan setinggi itu.

Beruntung, para ahli menemukan sebuah alabaster berbentuk kepala dekat lokasi pemakaman. Para ahli percaya, patung itu merupakan gambaran dari pemilik makam.

Sebagai informasi, alabaster merupakan batu pualam putih yang lunak dan biasanya dipakai untuk bahan membuat patung. Karena bahannya yang lunak, tak heran sebagian besar detail ukiran telah terkikis.

Patung kepala kuno terbuat dari batu pualam yang diyakini sebagai pemilik makam di Mesir. Patung kepala kuno terbuat dari batu pualam yang diyakini sebagai pemilik makam di Mesir.
Selain temuan sarkofagus raksasa, sebenarnya dalam beberapa tahun terakhir para arkeolog banyak menemukan benda purbakala menarik yang mungkin dapat mengungkap misteri Mesir kuno.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X