Badak Putih Utara, Mamalia Paling Terancam Punah Berpeluang Selamat

Kompas.com - 05/07/2018, 18:26 WIB
Inilah Sudan, badak putih utara jantan terakhir di dunia. Senin (19/3/2018), tim konservasi Kenya mengonfirmasi Sudan mati akibat komplikasi penyakit yang diderita. Daily Nation/NATION MEDIA GROUPInilah Sudan, badak putih utara jantan terakhir di dunia. Senin (19/3/2018), tim konservasi Kenya mengonfirmasi Sudan mati akibat komplikasi penyakit yang diderita.

KOMPAS.com - Para ilmuwan berhasil mengembangkan embrio hibrida badak putih utara di laboratorium untuk menyelamatkan spesies itu dari kepunahan.

Badak putih utara adalah mamalia paling terancam di dunia dan hanya menyisakan dua betina dari spesiesnya. Keduanya kini tinggal di Ol Pejeta Conservancy, Kenya.

Setelah kematian badak putih utara jantan pada Maret lalu, peneliti bergegas mencari cara demi menyelamatkan spesies ini.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Nature Communications, Rabu (4/7/2018), para ilmuwan berhasil membuat embrio hibrida dari sperma badak putih utara yang telah dibekukan dan telur badak putih selatan, sub-spesies yang masih berhubungan erat dengan badak putih utara.