Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makhluk Ini Harusnya Tak Bisa Terbang, Apa Rahasia Mereka?

Kompas.com - 03/02/2018, 17:08 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com -- Dengan kecepatan hampir 321 kilometer per jam, elang falcon adalah burung tercepat di dunia. Hal ini bukan sesuatu yang mengejutkan bila melihat struktur sayapnya yang sempurna dan badannya yang aerodinamis.

Sementara itu, tujuh makhluk di bawah ini tidak memiliki morfologi seperti elang. Namun, nyatanya mereka masih bisa melayang di udara. Apa rahasianya?

Ikan terbang

Ikan terbang masuk dalam keluarga Exocoetidae dan memiliki kemampuan mengejutkan bagi para pemburunya.

Ikan ini mampu berenang dengan kecepatan 60 kilometer per jam yang menempatkan dirinya dalam daftar 10 ikan tercepat di dunia.

Ekor ikan ini kemudian akan mendorong ke arah permukaan dengan kecepatan penuh untuk bisa terbang ke udara. Dibantu sirip pada dada, ikan ini mampu terbang sejauh 200 meter dengan ketinggian sekitar 1,2 meter.

Namun, bukan itu saja. Saat kehilangan ketinggian dan meluncur ke air, kekuatan ekor ikan mampu mendorongnya kembali ke udara hingga sejauh 400 meter.

Cumi-cumi terbang jepang

cumi terbang/ hokkaido univcumi terbang/ hokkaido univ cumi terbang/ hokkaido univ

Ada beberapa jenis cumi-cumi memang bisa keluar dari air, tetapi hanya satu jenis saja yang terbukti mampu melayang di udara, yaitu spesies dari keluarga Ommastrephidae.

Hewan ini menyedot air lalu menyimpannya di bawah lapisan terluar tubuhnya. Kemudian, ia menyemprotkannya keluar dengan kekuatan penuh, layaknya ledakan dari mesin jet.

Sirip dan tentakelnya berfungsi sebagai sayap untuk mengatur tingkat aerodinamisnya. Wow, cumi-cumi ini mampu terbang selama tiga detik dengan jangkuan 30 meter atau dengan kecepatan terbang 11,2 meter per detik.

Bandingkan dengan Usain Bolt yang memecahkan rekor 100 meter lari cepat pada tahun 2009 dengan rata-rata 10,5 meter per detik. Anda bisa bayangkan sendiri kecepatan keluarga cumi-cumi ini.

Baca Juga: 10 Fakta Unik yang Akan Membuat Anda Makin Cinta Bumi

Bumblebee

lebah/hokkaido univlebah/hokkaido univ lebah/hokkaido univ

Bukan, yang kita maksud bukanlah karakter dari Transformers, melainkan keluarga lebah Bombus.

Seperti yang kita tahu, lebah bisa terbang. Namun, ternyata sayap lebah terlalu kecil untuk mengepak ke atas dan bawah, dan mengangkat tubuhnya agar bisa melayang seperti burung.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com