Bisakah Dinosaurus Dikloning Seperti "Jurassic World 2"? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 23/06/2018, 17:00 WIB
Jurassic World 2 Dok.Pribadi/TWITTERJurassic World 2

KOMPAS.com - Film Jurassic World 2 telah tayang di bioskop Indonesia sejak awal bulan ini. Salah satu film fiksi ilmiah ini membuat kita bertanya-tanya, apakah mungkin suatu hari dinosaurus benar-benar bisa "dihidupkan kembali"?

Film yang diangkat dari novel Jurassic Park karya Michael Crichton ini memang fantastik dan cerdas mendahului zamannnya.

Dalam novel tersebut diceritakan bahwa amber atau getah damar bisa memeortahankan sisa-sisa fosil dari masa dinosaurus.

Selain itu, benar bahwa kemungkinan untuk mengkloning hewan jika kita bisa memiliki urutan DNA-nya.

Selaras dengan novel tersebut, para peneliti bahkan menemukan kutu penuh darah di dalam damar. Uniknya, kutu tersbeut berada di sebuah bulu dinosaurus.

Tak hanya itu, kini dengan teknologi pengeditan gen CRISPR-Cas9, para peneliti bahkan bisa mengedit suatu DNA dengan cepat dan murah.

Apalagi saat ini kloning merupakan praktik yang umum dalam bidang pertanian.

Bahkan, pada 2003 para ilmuwan berhasil mengkloning satu hewan yang telah punah, yaitu Pyrennean ibex.

Hewan ini adalah salah satu jenis kambing gunung liar yang dinyatakan punah pada tahun 2000. Meski berhasil, hewan kloning tersebut mati hanya beberapa menit setelah lahir.

Lalu pertanyaan yang muncul, bisakah kita mengkloning dinosaurus?