Ilmuwan India Temukan Planet Baru, Satu Tahun Hanya 19,5 Hari

Kompas.com - 20/06/2018, 21:05 WIB
ilustrasiscience alert ilustrasi

KOMPAS.com - Ilmuwan India telah menemukan sebuah exoplanet atau planet di luar Tata Surya yang mengorbit pada bintang mirip Matahari.

Planet tersebut berjarak sekitar 66 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini diberi nama EPIC 211945201b atau K2-236b dan besarnya 27 kali lebih besar dari Bumi.

Penemuan exoplanet memang sering terjadi dalam dunia astronomi, sekarang saja sudah ada sekitar 3.786 eksoplanet yang telah terkonfirmasi keberadaannya.

Namun ada hal menarik yang ditemukan di planet "baru" tersebut.

Astronom Abhijit Chakraborty dari Physical Research Laboratory (PRL) di Ahmedabad yang mempimpin penelitian ini mengungkapkan bahwa planet memiliki karakteristik yang unik.

Baca juga: Meteorit Kuno yang Ditemukan di Sahara Ungkap Sejarah Planet Mars

Setelah melakukan pengamatan selama 6 bulan di Observatorium Gurushikkar, Gunung Abu, India, tim ilmuwan memperkirakan jika planet mengorbit tujuh kali lebih dekat dengan bintangnya.

Ini berarti satu tahun di planet tersebut hanya berlangsung selama sekitar 19,5 hari saja dalam waktu Bumi.

Selain itu, orbit yang terlalu dekat dengan bintang ini menyebabkan suhu permukaan planet ini sangatlah panas, hingga mencapai 600 derajat Celcius.

Suhu yang terlalu panas serta kering ini tentu tak cocok untuk mendukung kehidupan.

Temuan exoplanet ini dapat membantu para ilmuwan memahami bentuk planet yang letaknya dekat dengan bintang utamanya.

Tak hanya itu, temuan ini menunjukkan bahwa India kini memiliki teknologi dan kemampuan sendiri untuk mengonfirmasi exoplanet.

Hasil penemuan para ilmuwan ini telah dipublikasikan dalam The Astronomical Journal.



Close Ads X