Ahli Ungkap Rahasia Tanjakan di Bukit yang "Melawan" Gravitasi

Kompas.com - 15/06/2018, 20:05 WIB
Ilustrai horizon di bukit di Skotlandia Ilustrai horizon di bukit di Skotlandia

KOMPAS.com - Di dunia ini, ada banyak bukit yang seakan-akan melawan hukum gravitasi. Bukit Confusion di Amerika Serikat dan bukit Magnetic di Kanada, misalnya. Di bukit-bukit, bola dan roda seakan-akan bisa menggelinding ke atas dengan sendirinya.

Fenomena ini juga terlihat dalam sebuah rekaman video milik Youtuber di Amerika. Sebuah bola yang diletakkan di ruas jalan persimpangan McKinney di Pennsylvania terlihat menggelinding ke arah puncak bukit dan bukan ke kaki bukit.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Dalam artikel yang dimuat di Sciencealert, Rabu (13/6/2018), para ahli menjelaskan bahwa fenomena-fenomena semacam ini ternyata hanya ilusi optik.

Baca Juga: Video Langka Tampilkan Ubur-ubur Misterius yang Mirip Kantong Plastik

"Lereng itu tampak miring dengan cara tertentu sehingga Anda merasa seperti menanjak," kata Brockk Weiss, fisikawan material dari Universitas Negeri Pennsylvania kepada Discoveries  and Breakthroughs in Science pada 2006 lalu.

"Anda sebenarnya memang sedang menurun, meskipun otak memberi kesan bahwa Anda menanjak," tambahnya.

Sementara itu, seorang psikolog bernama Rob Macintosh dari Universitas Edinburgh, mengatakan kepada Science Channel, bahwa fenomena itu disebabkan oleh garis cakrawala dan latar belakang perbukitan.

Garis cakrawala tidak utuh tertangkap oleh mata kita dan menimbulkan ilusi optik. Mata kita tidak menemukan titik acuan yang tepat sehingga mengaburkan cara pandang kita terhadap kondisi lereng bukit tersebut.

Macintosh melakukan uji coba di bukit "misterius" yang terdapat di Aryshire, Skotlandia.

"Lanskap lereng bukit miring dan beberapa jalan juga miring ke arah yang sama, tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit, hal ini membuat lereng relatif miring ke arah berlawanan," katanya.

Baca Juga: Catatan Misterius Laskar Perempuan Mangkunagaran

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X