Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Misterius di AS Bingungkan Peneliti, Mungkinkah Werewolf?

Kompas.com - 28/05/2018, 17:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini, warga di Denton, Montana, AS menembak seekor hewan misterius yang mirip dengan serigala.

Hewan ini memang mirip dengan serigala, kecuali beberapa bentuk tubuh lainnya. Ia memiliki bulu panjang keabu-abuan, kepala, dan moncong besar seperti serigala pada umumnya.

Namun, jika dilihat lebih saksama, teliga hewan ini terlalu besar. Selain itu, kaki dan tubuhnya justru pendek serta bukunya tidak seperti serigala pada umumnya.

Serigala memang hewan asli di daerah tersebut. Tapi, ketika para ahli dari Montana Fish, Wildlife and Parks (FWP) melihat foto hewan tersebut, mereka kesulitan melakukan identifikasi.

"Ada yang tidak beres dengan binatang itu," ungkap juru bicara departemen tersebut dalam unggahannya di twitter yang disertai dengan video.

"Itu tidak terlihat seperti serigala liar," sambung keterangan video tersebut.

Dalam laporan di Great Falls Tribune via CBS News, Jumat (25/05/2018), para ahli mencoba melihat DNA hewan tersebut untuk proses identifikasi.

"Kami tidak tahu apa ini sampai kamu mendapatkan laporan DNA kembali," ungkap Bruce Auchly, manajer informasi FWP.

"Ia berada di dekat seorang peternak, ditembak, dan peternak tersebut melaporkan kepada kami untuk menyelidiki. Bangkai hewan itu dikirim ke laboratorium kamu di Bozeman," kisah Auchly.

Meski belum diketahui dengan pasti, para ahli tahu dengan pasti bahwa hewan tersebut merupakan betina. Selain itu, hewan ini masih dalam satu famili dengan anjing dan serigala.

Baca juga: Serigala Liar di Denmark Mati Tertembak, Ini Pelajaran untuk Kita

"Namun demikian, media sosial dengan cepat menyatakan hewan sebagai segala sesuatu dari serigala ke serigala hibrida untuk sesuatu yang mistis," kata Kyle Anderson, pihak FWP dikutip dari Idaho Statesman, Jumat (25/05/2018).

Beberapa warganet bahkan menduga bahwa hewan itu adalah direwolf atau werewolf alias serigala jadi-jadian.

Tentu pendapat ini sangat lemah. Meski begitu, para peneliti saat ini menduga bahwa hewan tersebut adalah hasil perkawinan antara anjing dan serigala.

"Kami memiliki beberapa contoh hibrida serigala dan anjing di luar sana," ungkap Ty Smucker, ahli serigala Montana dikutip dari Science Alert, Senin (28/05/2018).

Kaki serigala misterius di Montana, AS Kaki serigala misterius di Montana, AS

"Ada sesuatu di Montana bagian timur tengah yang membunuh domba dengan mengerikan. Akhirnya, kami menangkapnya dan ternyata itu hibrida (anjing dan serigala)," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com