Kompas.com - 12/06/2018, 20:36 WIB

KOMPAS.com – Mulai dari melihat smartphone ketika bangun tidur, menyikat gigi setelah mandi, hingga pergi ke gym tiga kali seminggu; ada banyak kebiasaan-kebiasaan dalam rutinitas kita.

Beberapa, seperti berolahraga, sangat dianjurkan; sedangkan kebiasaan lain, seperti merokok satu pak sehari, sebaiknya dikurangi.

Namun, berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk membentuk dan mengubah kebiasaan-kebiasaan kita?

Salah satu asumsi yang paling terkenal berasal dari buku Psycho Cybernetics oleh Maxwell Maltz. Buku yang dipublikasikan pada 1960 ini menyebutkan bahwa pasien-pasien Maltz membutuhkan waktu 21 hari untuk terbiasa dengan wajah baru mereka setelah menjalani operasi plastik.

Baca juga: Begini Cara Rokok Diam-diam Merusak Kesehatan Jantung Anda

Namun, studi yang dilaksanakan pada tahun 2009 terhadap 96 orang menemukan bahwa membentuk kebiasaan baru tidak pasti membutuhkan waktu 21 hari.

Para peneliti justru menemukan bahwa waktunya bervariasi, antara 18 hingga 254 hari, tergantung pada masing-masing individu, walaupun rata-rata memerlukan waktu 66 hari.

Hal yang sama juga bisa dikatakan mengenai upaya untuk menghentikan sebuah kebiasaan. Kepribadian, motivasi, lingkungan dan kondisi, serta jenis kebiasaan yang ingin diubah turut berpengaruh pada kecepatan seseorang untuk mengubah sebuah kebiasaan.

Para pakar mengakui bahwa dalam beberapa kejadian, sebuah kebiasaan bisa dihentikan secara instan.

“Dalam kasus-kasus ekstrem, sebuah kebiasaan bisa dihentikan dengan segera, misalnya jika Anda tiba-tiba sakit keras setelah menghirup asap rokok atau hampir tertabrak bis ketika berjalan sambil melihat ponsel,” kata profesor psikologi Susan Krauss Whitbourne.

Akan tetapi, kebanyakan kasus butuh waktu setidaknya dua bulan untuk menghentikan sebuah kebiasaan.

Baca juga: Bukti Baru, Efek Buruk Rokok Lebih Mengerikan Bagi Perokok Remaja

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.