Badai Petir di Jupiter Sama dengan di Bumi, Menurut Temuan Baru

Kompas.com - 07/06/2018, 12:32 WIB
Badai Petir Jupiter Badai Petir Jupiter

KOMPAS.com - Badai petir merupakan salah satu cuaca buruk yang terjadi di banyak wilayah di dunia. Mungkin banyak yang mengira bahwa badai petir hanya terjadi di Bumi.

Namun, sebuah temuan baru yang didasarkan pada data pesawat antariksa Juno menunjukkan adanya badai petir di Jupiter.

Sebenarnya, para ilmuwan telah meramalkan badai petir yang disebut dengan istilah "Jovian lightning" selama berabad-abad. Prediksi ini bahkan pertama kali dikonfirmasi pada 1979 ketika pesawat antariksa tanpa awak Voyager 1 merekamnya.

Pembacaan data yang diambil oleh pesawat antariksa tersebut memastikan hal itu adalah petir. Meski begitu, para ilmuwan mencatat bahwa itu tampak sangat berbeda dengan badai petir di Bumi.

Kini, dalam sebuah makalah baru yang terbit dalam jurnal Nature, para ilmuwan NASA dalam misi Juno menemukan bahwa sebenarnya badai petir di Jupiter sangat mirip dengan yang terjadi di Bumi.

Temuan tersebut jugda didukung oleh laporan kedua yang ditulis tim dari Czech Academy of Sciences. Laporan tersebut menyajikan koleksi rekaman petir terbesar dari planet raksasa itu.

"Tidak peduli di planet mana Anda berada, petir bertindak seperti pemancar radio - mengirim gelombang radio ketika mereka melintas langit," kata Dr Shannon Brown dari Jet Propulsion Laboratory NASA, penulis utama makalah pertama dikutip dari The Independent, Kamis (07/06/2018).

"Tapi sebelum Juno, semua sinyal petir yang direkam oleh pesawat ruang angkasa terbatas baik pada deteksi visual atau dari rentang kilohertz dari spektrum radio, meskipun pencarian sinyal dalam rentang megahertz," sambungnya.