NASA Eksplorasi Dunia Bawah Laut Hawaii untuk Berburu Alien, Kok Bisa?

Kompas.com - 04/06/2018, 12:32 WIB
Alien DiscoveryAlien

KOMPAS.com - Sejak gunung Kilauea erupsi, banyak ahli fokus mengamati aktivitas gunung berapi yang ada di Hawaii itu.

Selain gunung Kilauea, Hawaii rupanya menyimpan tempat tersembunyi yang sangat menarik untuk diteliti ilmuwan NASA.

Lokasi yang dimaksud NASA adalah Lo'ihi, gunung berapi bawah laut yang terakhir kali meletus 2007 lalu.

Dengan menjelajahi kehidupan Lo'ihi, ilmuwan NASA berharap dapat memahami lingkungan serupa, khususnya kehidupan di bawah permukaan bulan Saturnus, Enceladus. Ini adalah salah satu kandidat astrobiologi yang paling menarik untuk menemukan kehidupan di luar Bumi.

Baca juga: Astronot NASA Ungkap Kengerian Toilet di Stasiun Luar Angkasa

Meski para ilmuwan telah mempelajari detail bulan lewat misi Cassini, mereka harus menunggu cukup lama agar bisa mempelajari kehidupan Enceladus dari dekat dengan cara itu.

Setidaknya hal yang sama baru bisa dilakukan pada pertengahan 2020, dan itu tidak termasuk waktu perjalanan.

Tidak lagi ingin mengulur waktu, para ilmuwan NASA lebih memilih pergi ke Hawaii dengan program penelitian Systematic Underwater Biogeochemical Science and Exploration Analog (SUBSEA).

Tim Subsea yang diwakili robot pesawat tak berawak yang dioperasikan dari jarak jauh akan menjelajahi gunung berapi Lo'ihi yang ada di kedalaman 4.000 meter di bawah permukaan laut.