Ahli Sebut Fosil Ikan 400 Juta Tahun Ini Moyang Manusia, Kok Bisa?

Kompas.com - 02/06/2018, 19:34 WIB
Ilustrasi Ligulalepis, ikan tertua di dunia. Ikan ini juga dikaitkan dengan moyang manusia Ilustrasi Ligulalepis, ikan tertua di dunia. Ikan ini juga dikaitkan dengan moyang manusia

KOMPAS.com - Para ahli paleontologi baru-baru ini menemukan fosil dari ikan bertulang tertua di dunia. Ikan ini diperkirakan hidup di laut Devonian 400 juta tahun lalu.

"Ligulalepis", ikan bertulang paling awal ini diketahui berhubungan erat dengan nenek moyang manusia.

Tak hanya moyang manusia, ikan ini juga diperkirakan berhubungan dengan moyang osteichthians, sekelompok hewan yang memiliki kerangka tulang dan rahang.

Osteichthians meliputi keluarga ikan modern, amfibi, reptil, burung, dan mamalia.

Para peneliti dari Flinder's University di Adelaide, Australia bekerja dengan tim peneliti internasional untuk mempelajari fosil ini.

Dua tengkorak fosil yang ditemukan di Australia tersebut memang tidak sempurna. Tapi, dengan pemindaian 3D dan data micro-CT, para peneliti menciptakan model digital otaknya berdasar bentuk yang diambil dari dalam bagian tengkoraknya.

Mereka juga dapat menentukan bentuk atap tengkorak dan saluran hidung dan telinga dari hal tersebut. Ini menjelaskan rincian tentang bagaimana salah satu leluhur awal mamalia berevolusi.

“Memahami struktur itu penting karena Ligulalepis berada dalam posisi penting di pohon evolusi," ungkap Dr Alice Clement, salah satu peneliti yang terlibat penelitian ini dikutip dari news.flinders.edu.au.

"Penemuan ini mengidentifikasi ikan ini sebagai leluhur dari semua ikan bertulang tepat sebelum dua kelompok besar membelah dan berevolusi dengan tubuh yang berbeda," sambungnya.