Hebatnya Mulut Unta, Bisa Mengunyah Kaktus yang Berduri

Kompas.com - 02/06/2018, 04:05 WIB
Ilustrasi Florian Prischl/WikipediaIlustrasi

KOMPAS.com – Unta memang hewan yang telah beradaptasi dengan sempurna untuk hidup di padang pasir.

Hewan ini memiliki membran, alis tebal, dan dua lapis bulu mata yang melindungi mata mereka dari badai pasir, serta kaki yang lebar dan berkulit tebal untuk berjalan di atas permukaan yang berpasir dan berbatu.

Terbaru, sebuah video menunjukkan bagaimana mereka bisa mengunyah kaktus dan tanaman-tanaman keras yang berduri lainnya.

Video yang diambil di Tucson, Arizona tersebut menunjukkan dua ekor unta arab, Baby dan Nessie, menggunakan bibir mereka yang kuat dan fleksibel untuk memanipulasi kaktus Opuntia ke dalam mulut.

Baca juga: Ilmuwan Benarkan Adanya ?Penyakit Unta Gila?, Berisiko Tulari Manusia

Lidah dan bagian dalam mulut mereka yang dihiasi struktur berbentuk kerucut bernama papila kemudian menggilaskan Opuntia ke langit-langit mulut yang keras, dibantu oleh gigi.

“Cara kerjanya mirip dengan ulegan,” ujar Alex Warnock, pemilik Baby dan Nessie, seperti dikutip oleh National Geographic, Rabu (30/5/2018).

Menariknya, unta mengunyah dengan gerakan memutar. Ini dilakukan untuk menyebarkan tekanan dari kaktus dan membuat papila dapat mendorong duri-duri kaktus untuk turun ke tenggorokan secara vertikal. Dengan demikian, duri kaktus tidak menusuk unta ketika ditelan.

Papila unta

Luis Padilla, direktur kesehatan hewan di Saint Louis Zoo, menjelaskan kehebatan papila pada unta.

Baca juga: Misteri Ukiran 11 Unta Berusia 2.000 Tahun di Gurun Arab Saudi

Dia berkata bahwa papila unta sebagian berisi keratin, bahan yang sama dari kuku dan rambut Anda. Dibanding papila manusia yang lebih kecil, papila unta sangat keras dan cenderung seperti plastik.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X