Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Ibu dari Semua Kadal dan Ular, Usianya 240 Juta Tahun

Kompas.com - 31/05/2018, 19:30 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Bila dalam serial Games of Thrones ada Mother of Dragons, belum lama ini peneliti mengungkap keberadaannya di dunia nyata.

Fosil kadal purba Megachirella wachtleri yang ditemukan 2003 lalu di pegunungan Alpen, Italia Utara, diteliti kembali oleh para ahli paleontologi dengan pemindaian yang lebih canggih.

Lewat pemindaian itu, terungkap Megachirella berusia 240 juta tahun. Artinya, ia adalah ibu dari 10.000 spesies reptil termasuk kadal dan ular yang melata di bumi atau disebut kelompok squamate.

Baca juga: Bukan Hoaks, Video Viral Tampilkan Ular Boa Melahirkan

Dari bukti tersebut, Megachirella resmi menggeser reptil yang sebelumnya mendapat gelar sebagai reptil tertua berusia 75 juta tahun.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Nature, Rabu (30/5/2018), peneliti mengungkap awalnya mereka mengira Megachirella adalah bagian dari lepidosaur, sejenis reptil primitif.

Setelah diamati, peneliti akhirnya menyadari ada beberapa bagian dari Megachirella yang mirip kadal. Dari sinilah tim mendapat petunjuk berharga dan unik berkaitan dengan squamate.

Para ilmuwan menemukan fosil Megachirella wachtleri di pegunungan Alpen, Italia utara pada 2003.
Para ilmuwan menemukan fosil Megachirella wachtleri di pegunungan Alpen, Italia utara pada 2003.

"Hal ini layak mendapat perhatian lebih, terutama dalam pemindaian CT (computed tomography) yang dapat merinci anatomi dengan lebih baik agar kita dapat memahami pohon evolusi reptil," kata Tiago Simões, penulis utama studi kepada Live Science.

Dengan pemindaian CT, peneliti membuat model komputer 3D fosil reptil dan berhasil menemukan sejumlah bagian yang memang menghubungkan Megachirella dengan squamate.

Ada dua bagian yang unik, yakni bagian dari tempurung otak dan struktur tulang selangka.

"Dua unsur ini menegaskan Megachirella sebagai squamate pertama yang hidup di era Trias," imbuhnya.

Baca juga: Dua Bola Mata dalam Satu Lubang, Ular Ini Mirip Monster

Berdasarkan petunjuk genetika molekuler dan skeletal (sistem yang terdiri dari tulang rangka dan sendi, red), peneliti mengungkap tokek dan beberapa jenis kadal seperti iguana, anoles, dan bunglon adalah keturunan squamate pertama.

Meski telah memecahkan teka-teki mengungkap ibu dari semua reptil, Simões mengatakan masih ada beberapa hal yang perlu dipecahkan untuk memahami evolusi awal squamate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com