Penemuan yang Mengubah Dunia: Kamera, Pertama Dibuat Cedekiawan Muslim

Kompas.com - 24/05/2018, 20:43 WIB
Ilustrasi kamera, sejarah kamera, evolusi kamera ShutterstockIlustrasi kamera, sejarah kamera, evolusi kamera

KOMPAS.com - Di era digital, foto merupakan sesuatu yang sering dilakukan. Mulai dari sekedar selfie, hobi, hingga jadi profesi.

Berbicara tentang fotografi tentu tak bisa lepas dari kamera. Tapi, tahukah Anda kamera punya sejarah yang panjang dan dulunya bukan ditujukkan untuk mengambil gambar?

Ide Awal

Ya, kamera pertama dibuat untuk mempelajari tentang optik.

Sebenarnya, ide awal kamera yang dibuatnya sudah ada sejak tahun 400 sebelum masehi (SM). Referensi ini ditemukan dalam teks-teks China dan tulisan Aristoteles.

Sayangnya, pada masa tersebut kamera tidak berhasil dibangun melainkan hanya berupa teori saja.

Kamera Pertama

Baru pada abad ke-10, kamera pertama sendiri ini dibuat seorang cendekiawan muslim bernama Abu Ali Al-Hasan Ibn Al-Haytham atau juga dikenal sebagai Alhazen.

Secara umum, Alhazen juga merupakan orang pertama yang mempelajari bagaimana cara kerja mata untuk melihat.

Kamera yang dibuatnya pertama kali adalah kamera obscura atau lebih dikenal sebagai kamera lubang jarum. Benda ini menujukkan bagaimana cahaya bisa digunakan untuk memproyeksikan gambar pada permukaan datar.

Baca juga: Kamera Pengintai China Tangkap Buronan di Antara 60.000 Penonton Konser

Saat membuat kamera pertama ini, Alhazen melakukan serangkaian percobaan tentang optik. Dalam berbagai eksperimennya, Ibn Al-Haitham menggunakan istilah "Al-Bayt al-Muthlim" yang diterjemahkan sebagai ruang gelap.

Alhazen dalam berbagai makalahnya juga menjelaskan bagaimana cara kerja kamera dalam membentuk sebuah citra atau gambar.

Meski membuatnya, Alhazen menyebut bukan dia yang menemukannya. Dia menyatakan "Et nos non inventimus ita" dalam bahasa latin yang artinya, kami tidak menemukannya.

Hal ini karena memang pada dasarnya ide awal kamera telah dijelaskan oleh seorang filsuf China bernama Mozi. Kemudian untuk lebih memahami prinsip optik, Aristoteles juga menuliskan tentang kamera obscura.

Fotografer pertama

Selain itu, meski membuat atau membangun kamera pertama, tapi Alhazen bukanlah fotografer pertama.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X