Seperti Manusia, Bonobo Betina Melahirkan Dibantu “Bidan”

Kompas.com - 19/05/2018, 18:04 WIB
Bonobo Evanmaclean/WikipediaBonobo

KOMPAS.com - Bonobo, salah satu jenis kera besar tampaknya mempunyai kesamaan dengan manusia. Betina mereka mesti dibantu “bidan” untuk melahirkan.

Dicatat dalam jurnal Evolution & Human Behavior, bidan yang dimaksud di sini yakni sesama bonobo betina yang membantu proses kelahiran bonobo betina lain yang tengah mengandung bayinya.

Dalam tiga pengamatan, seperti dilansir IFL Science pada Sabtu (19/5/2018), para peneliti dari Perancis dan Belanda mencatat bahwa ketika ada bonobo yang akan melahirkan, bonobo betina lainnya dengan segera memberikan pertolongan.

Ada yang bertugas mengawasi lingkungan, dan ada yang memastikan keadaan aman dari jangkauan bonobo jantan.

Baca juga: Beda dengan Manusia, Kera Ini Justru Suka Berteman dengan Pembuat Onar

Lalu, ada juga bonobo betina lain menengadahkan tangannya untuk menangkap bayi bonobo yang keluar dari perut induknya. Bukankah ini seperti tugas bidan?

Bukan hanya sekali ini saja peneliti mendapati tingkah seperti itu. Studi sebelumnya, menunjukkan bahwa bonobo melahirkan di alam liar juga dibantu betina lainnya. Temuan kali ini pun meyakinkan para peneliti bahwa ini merupakan perilaku yang wajar di antara bonobo.

Serupa Primata Lain

Peneliti memang belum mengamati seluruh primata yang melahirkan. Sebab, primata umumnya aktif di malam hari (nokturnal).

Namun, tidak cuma bonobo yang ditemukan melahirkan dibantu “bidan”. Seekor kera emas berhidung pesek betina juga pernah tertangkap membantu sesamanya melahirkan.

Baca juga: Hilangkan Stres, Monyet Jepang Suka Berendam Air Panas Seperti Manusia


Kera ini bahkan menarik bayi monyet dari rahim induknya lalu menjilati tubuhnya supaya bersih. Ini seperti tugas bidan yang mengelap tubuh bayi seusai keluar dari perut ibu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X