7 Mitos dan Fakta yang Ada di Kelas Biologi, Jangan Keliru Lagi

Kompas.com - 13/05/2018, 19:33 WIB
Mahasiswa Biologi Southern Arkansas University dengan mikroskop. Mahasiswa Biologi Southern Arkansas University dengan mikroskop.

KOMPAS.com - Guru sains tidak hanya sekedar memberi informasi terbaru tentang dunia ilmu pengetahuan alam, tetapi mengajak siswa berpikir kritis dan ilmiah saat mendapat pengetahuan baru.

Dilansir dari Big Think, Minggu (29/4/2018), penulis menemukan 7 topik dalam pelajaran biologi yang penjelasannya kurang tepat. Sayangnya, hingga saat ini banyak dari kita yang meyakini penjelasannya topik tersebut benar. 

Pada kenyataannya, topik tersebut sudah diperbarui. Berikut adalah 7 topik tersebut. 

Baca Juga: Bagaimana Memastikan Suatu Hewan Terancam Punah atau Tidak?

1. Manusia ada di puncak rantai makanan

Jaring makanan Jaring makanan
Metafora rantai makanan untuk menggambarkan pemangsa dan dimangsa ternyata terlalu sederhana dan kurang tepat.

Biasanya, ada beberapa organisme yang sama-sama menjadi pemangsa dan mangsa. Begitu juga banyak organisme yang dapat makan banyak sumber dan sebaliknya, bisa dimakan oleh banyak predator.

Selain itu, konsep ini sering mengabaikan produsen makanan di urutan belakang dalam rantai makanan. Menurut penulis, konsep jaring makanan lebih tepat untuk menggambarkan transfer energi makanan diantara organisme dalam sebuah ekosistem. 

Untuk itu, penulis memilih konsep jaring makanan di mana energi makanan mengalir secara linear. Meskipun masih belum sempurna, konsep ini lebih sesuai daripada istilah rantai makanan. 

2. Respirasi identik dengan pernapasan

Ilustrasi respirasi Ilustrasi respirasi
Banyak orang berpikir respirasi dan bernapas adalah hal yang sama. Sayangnya, hal itu tidak tepat dan keduanya memiliki penjelasan berbeda.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Big think
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X