Burung Gagak di Jepang Curi Kartu Kredit untuk Beli Tiket Kereta - Kompas.com

Burung Gagak di Jepang Curi Kartu Kredit untuk Beli Tiket Kereta

Kompas.com - 10/05/2018, 17:35 WIB
Burung gagak beli tiket kereta di Jepang Burung gagak beli tiket kereta di Jepang

KOMPAS.com - Burung gagak merupakan salah satu burung yang terkenal dengan kecerdasannya.

Namun, tak pernah ada yang menyangka jika jenis burung ini cukup pintar untuk membeli tiket kereta di mesin penjualan.

Fenomena ini terekam di Stasiun Kinshicho, Tokyo, Jepang. Seekor burung gagak tertangkap basah mencoba membeli tiket kereta di mesin penjualan hanya sesaat setelah mencuri sebuah kartu kredit dari seorang wanita.

Mulanya, pada video yang diunggah oleh pengguna twitter @kinoshi42155049 memperlihatkan seekor gagak yang memeriksa mesin tiket.

Baca juga: Kali Pertama, Ilmuwan Ketahui Burung Hantu Bisa Poligami

Sesaat setelahnya, burung itu melompat ke pelanggan di mesin tiket sebelahnya dan mencur kartu kredit perempuan tersebut ketika kartu itu keluar dari mesin.

Sayangnya, gagak tersebut seperti tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kartu tersebut.

Kemungkinan burung hitam ini hanya menginginkan kartu itu karena stiker hologramnya yang mengkilap. Kemudian, burung itu mengembalikan kartu tersebut ke pemiliknya.

Dilansir dari Science Alert, Kamis (10/05/2018), meski tidak benar-benar membeli tiket dengan kartu kredit itu, tapi video tersebut membuktikan bahwa gagak dapat dengan mudah memahami konsep barter.

Dalam video tersebut, gagak telah menunjukkan bahwa mereka bisa merenvakanakan masa depan dan barter untuk barang-barang yang mungkin diperlukan untuk memperoeh makanan berkualitas tinggi.

Fenomena semacam ini juga pernah menginspirasi Josh Klein, seorang penemu di AS untuk membuat mesin penjual makanan untuk burung gagak.

Mesin ini beroperasi dengan cara mengeluarkan kacang ketika burung memasukkan koin.

Gagasan awalnya adalah untuk melatih gagak liar untuk menemukan koin yang hilang dan ditukarkan dengan makanan.

Uniknya, cara Klein ini berhasil.

Baca juga: Kisah Koloni Burung Laut di Alaska yang Mampu Bangkit dari Abu

Tentu saja, sebelumnya, dasar-dasar penggunaan mesin ini telah diperlihatkan kepada burung gagak. Tapi ini menjadi sebuah bukti bahwa gagak liar bisa mengatasi masalah mereka sendiri.

Burung gagak bahkan mampu membuat alat sendiri dari tongkat untuk mendapatkan makanan yang sulit dijangkau dengan paruh mereka. Tak hanya itu, mereka menyimpan alat tersebut untuk dipergunakan lagi.

Dalam video tersebut memang tidak ada bukti yang menunjukkan gagak mengerti apa itu kartu kredit atau bagaimana mesin tiket bekerja. Hanya saja, berdasarkan apa yang kita ketahui tentang kecerdasan gagak, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari tahu.


Komentar
Close Ads X