Media Sosial "Merusak" Ingatan, Kok Bisa?

Kompas.com - 09/05/2018, 19:07 WIB
Eksistensi begitu penting bagi kaum urban. Media sosial bisa menjadi wadahnya. SHUTTERSTOCKEksistensi begitu penting bagi kaum urban. Media sosial bisa menjadi wadahnya.

KOMPAS.com - Kebutuhan manusia terhadap media sosial tiap waktu kian meningkat.

Banyak orang senang mendokumentasikan dan membagikan pengalamannya di media sosial. Mulai dari pesta yang ramai hingga momen-momen yang intim.

Namun, siapa sangka penggunaan media sosial tersebut tidak "gratis".

Menurut sebuah laporan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology, para peneliti menemukan bahwa orang yang aktif membagikan pengalamannya ke media sosial ternyata membentuk kenangan yang kurang tepat terhadap peristiwa-peristiwa tersebut.

Baca juga: Kecanduan Media Sosial? Mungkin Sifat Kepribadian Ini Ikut Ambil Peran

Penelitian ini terdiri dari tiga rangkaian penelitian yang dipimpin oleh Diana Tamir dari Princeton University, AS.

Para peneliti mengeksplorasi bagaimana pengambilan foto dan video untuk media sosial mempengaruhi kesenangan, keterlibatan, dan kenangan terhadap peristiwa tersebut.

Untuk itu, peneliti meminta peserta penelitian menyaksikan TED talks dan melakukan tur di sebuah gereja di kampus Stanford University.

Para peserta diminta untuk merekam pengalaman mereka dengan beberapa cara, seperti foto atau mencatat acara ini bertujuan agar peserta merekam tanpa menyimpan.

Selanjutnya, beberapa orang diminta untuk membagikannya ke media sosial sedang sebagian lain tidak.

Setelah melakukan hal tersebut, peserta ditanyai tentang bagaimana mereka menikmati pengalamannya, fokus mereka, hingga kuis yang menguji ingatan mereka.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Time
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X