Kompas.com - 04/05/2018, 17:33 WIB
Seekor posum mencakar dan menggigit ular piton demi selamatkan anaknya. Seekor posum mencakar dan menggigit ular piton demi selamatkan anaknya.


KOMPAS.com - Posum, spesies marsupial asal Australia tertangkap kamera berhasil menyelamatkan anaknya dari lilitan ular piton.

Saksi mata yang melihat kejadian tersebut mengungkap bagaimana awal mula kejadian sampai induk posum menggigit piton.

"Saat saya melihat seekor ular piton mengambil bayi hewan dari punggung induknya, saya langsung mengambil kamera dan memotretnya," ujar Christine Brich Williams, dilansir ABC News, Jumat (4/5/2018).

Hasil foto Williams kemudian viral di Facebook pekan ini setelah dibagikan oleh The Snake Catcher 24/7 Sunshine Coast.

Baca juga : Makan Sepatu, Ular Piton di Australia Harus Dioperasi

Dari enam foto Williams, terlihat bagaimana ular piton melilit seekor posum kecil. Foto lain menunjukkan induk posum yang menyerang piton dengan cara mencakar dan menggigitnya.

Williams mengatakan, pertarungan itu berhasil dimenangkan posum. "Dalam foto terakhir menunjukkan induk posum menggendong bayinya ke punggung kemudian pergi," sambungnya.

Manajer Koleksi Mamalia Museum Queensland, Australia, Heather Janetzki mengatakan foto-foto yang berhasil diabadikan Williams adalah sesuatu yang jarang terlihat.

"Meski saya pribadi tidak pernah melihat posum melawan piton sebelumnya, posum bisa menjadi hewan yang sangat agresif. Dan hal itu tidak mengejutkan," ujar Janetzki.

Detik-detik posum berhasil membebaskan bayinya dari lilitan ular piton. Detik-detik posum berhasil membebaskan bayinya dari lilitan ular piton.

"(Foto) ini memperlihatkan kekuatan naluri seorang ibu. Jadi bukan hal aneh jika seorang ibu akan melakukan apa saja untuk melindungi anak-anaknya. Sama halnya seperti yang dilakukan posum dalam kasus ini," terangnya.

Baca juga : Induk Piton Juga Bisa Keibuan, Ini Buktinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.